Nasional

Polisi Rilis Nama Korban Kerusuhan Mei 2019, Pelaku Belum Terungkap

Oleh : Ronald - Sabtu, 06/07/2019 12:10 WIB

Kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang mengakibatkan 9 nyawa melayang

Jakarta, indonews.id - Markas Besar Kepolisian Indonesia akhirnya merilis identitas lengkap sembilan orang yang tewas pada saat aksi kerusuhan Mei 2019 di Jakarta.

“Ada lima orang yang (ditembak mati) di Petamburan atas nama Bactiar Alamzah, Abdul Aziz, M Rehan Fajari, Widyanto Rizki Ramadhan, dan Farhan Syafero. TKP Cideng ada Adam Nooriyan dan Sandro,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Jumat (5/7/2019).

Sedangkan di Kemanggisan, Slipi ada korban bernama M. Harun Arasyid. Sedangkan M Reza belum diketemukan TKP-nya. Informasi ini didapat polisi setelah dilakukan analisa CCTV dan memeriksa saksi.

“Sekarang sedang dikembangkan voice recognition, analisa untuk kembali meneliti secara komprehensif suara letusan. Nanti akan bisa membedakan suara apakah benar senjata api dengan kekhasan masing-masing atau suara petasan,” lanjutnya.

Kemudian dicek jam dan di mana korban ditemukan saat tertembak dan terjatuh.

Namun, hingga pihak kepolisian merilis daftar nama-nama korban tersebut, hingga kini belum ada pelaku yang ditangkap dalam aksi pembunuhan berdarah di ajang pesta demokrasi tersebut.

Tim penyidik sedang mengumpulkan kembali seluruh jejak digital, baik jejak pembicaraan maupun jejak pertemuan. Ada beberapa orang yang diduga menginstrusikan kerusuhan dan melakukan pembakaran. Polisi bekerja berdasarkan fakta hukum dan ini masih berproses.

"Itu tidak seperti kita membalikkan telapak tangan, apalagi pas pembuktian nanti akan diungkapkan di sidang. Harus punya dua alat bukti yang kuat," tandasnya. (rnl)







 

Artikel Terkait