Bisnis

Bentuk Kompensasi, Menhub Subsidi Bus Damri Di Bandara Kertajati

Oleh : Ronald - Senin, 08/07/2019 09:50 WIB

Terminal bandara Kertajati (ist)

Jakarta, indonews.id -  Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyiapkan subsidi untuk Bus Damri gratis di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka.

Penyediaan Bus Damri yang gratis selama satu tahun nanti hanya dibatasi pada tempat-tempat yang mempunyai penumpang banyak, seperti Karawang, Cirebon, dan Bandung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) masih dalam progres pengerjaan terus dikebut dan ditargetkan selesai tahun ini.

Maka dari itu, sambil menunggu penyelesaian pembangunan tol tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyiapkan subsidi untuk Bus Damri gratis di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka.

"Pemberian subsidi dilakukan untuk memastikan bahwa aksesibilitas dari Bandung ke Kertajati itu menjadi lebih pasti dan sambil menunggu Tol Cisumdawu yang dijanjikan menteri pekerjaan umum perumahan rakyat selesai dalam satu tahun. Jadi selama satu tahun ini pemerintah akan mensubsidi Bus Damri gratis," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Minggu (7/7/2019).

Disampaikan Menteri Budi, kebijakan pemberian subsidi Bus Damri gratis itu dilakukan sebagai bentuk kompensasi waktu dan biaya yang dihabiskan penumpang.

"Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat yang harus menghabiskan waktu lebih banyak jika mendarat di Kertajati dibandingkan dengan di Bandung. Ini juga akan mengurangi biaya yang mereka keluarkan,” tandas Menhub. (rnl)
 

Artikel Terkait