Daerah

Pemprov Kepri Gelar Perlombaan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2019

Oleh : hendro - Senin, 08/07/2019 21:55 WIB

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri, Drs. Sardison, M.TP

Kepri, INDONEWS.ID - Dalam rangka mengembangkan teknologi dan inovasi masyarakat Kepulauan Riau (Kepri), Pemerintahan Provinsi Kepri menggelar perlombaan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2019.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri, Drs. Sardison, M.TP, sebanyak 30 inovasi bakal berlomba pada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Kepri 2019. Selain diperlombakan, masyarakat juga dapat menyaksikan 30 inovasi tersebut pada Pameran TTG Provinsi Kepri di Halaman Mal Tanjungpinang (Ramayana), Selasa hingga Kamis.

“Pembukaan besok jam 13.00 di halaman Ramaya. Insha allah yang akan buka Bapak Gubernur. Hadir 30 inovator dan inventor dari hasil seleksi,” ujar Drs. Sardison, Senin (8/7).

Diantaranya sebanyak 16 inovasi tersebut berasal dari seleksi kabupaten dan kota. Sedangkan sisanya, dari proposal yang dikirimkan oleh peserta. Lomba Inovasi TTG Tahun 2019 ini kebanjiran minat peserta. Semula ditargetkan ada 80 pengirim proposal. Namun ternyata ada 98 proposal yang masuk.

Karena itu rencananya pada tahun depan Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri akan membuat kategori khusus untuk umum, mahasiswa dan pelajar. “Sayang menyortir dari 98 cuma diambil 14. Minimal 30 dari kelompok umum. Sehingga kabupaten dan kota bisa jadi sandingan,” sebut Sardison.

Lebih jauh Sardison menjelaskan,  tahun ini cukup banyak peminat dari tingkat sekolah. Dari 30 peserta yang lolos, sebanyak 12 diantaranya berasal dari sekolah. Bahkan ada peserta dari SMP yang lolos ke 30 besar. Yaitu SMP Nurul Jannah dari Natuna dan SMP Islam Terpadu Bahtera Insani.

Hasil inovasi tersebut dapat disaksikan di Mal Tanjungpinang (Ramayana) pada 9-11 Juli. Disana dewan juri akan menilai langsung fisik inovasi yang didaftarkan. “Kalau fisiknya tidak dikirim saat pendaftaran. Fisiknya diverifikasi pada tanggal 9 besok,” tambah Sardison.

Sedangkan pemenang akan diumumkan pada 11 Juli, usai pameran. Pemenang akan dibina, untuk diikut sertakan pada Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional pada 21 hingga 25 September 2019 di Bengkulu.

Artikel Terkait