Nasional

Wapres JK Minta Pemimpin Daerah Harus Cerdas Mamfaatkan Teknologi

Oleh : Ronald - Jum'at, 12/07/2019 15:50 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kick off acara Riset dan Rating Kota Cerdas ke-3 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, (12/7/2019).

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepala daerah bekerja cerdas. Menurutny, kepala daerah harus bisa memanfaatkan teknologi yang semakin canggih untuk memajukan daerahnya.

"Sebenarnya bukan kota cerdas, yang penting wali kota atau bupati cerdas, karena peralatan teknologi bisa dibeli tapi tidak semua bisa pakai," kata Wapres JK dalam kick off acara Riset dan Rating Kota Cerdas ke-3 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, (12/7/2019).

Namun, kecanggihan teknologi akan sia-sia bila kepala daerah tidak mau memanfaatkannya. Dia mencontohkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mampu bekerja cerdas dan keras, sehingga daerahnya berkembang dengan baik.

"Semua itu menggambarkan pengelolaan kota tidak bisa menggambarkan alat semata. Tapi pada kemauan dan juga kecerdasan," pungkas dia.

Wapres pun mencontohkan penggunaan handphone atau telepon genggam. Menurut dia, teknologi yang ada di telepon genggam saat ini sudah sangat baik. Bahkan, kata dia, lebih baik dibanding Apollo yang dipakai ke bulan.

Hal itu yang membuat telepon genggam disebut sebagai smartphone. Teknologi itu juga bisa membuat suatu daerah menjadi smart city.

"Jadi semua (yang) punya akses smartphone, tentu bisa menjadi smart city," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait