Nasional

Halmahera Selatan Diguncang Gempa Tektonik

Oleh : hendro - Minggu, 14/07/2019 18:30 WIB

Istimewa

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada pukul 16.10.51    Hari Minggu, (14/7/2019),  wilayah Kabupaten Halmahera Selatan diguncang gempabumi tektonik.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=7,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,56 LS dan 128,06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 63 km arah timur Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 29 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya maka gempa ini merupakan gempa dangkal  yang diduga  kuat dipicu oleh sesar aktif. Diduga kuat Sesar Sorong-Bacan dengan mekanisme sesar geser menjadi pembangkit gempa ini," katanya di Jakarta.

Rahmat menjelaskan,     guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Obi dalam skala intensitas V MMI, Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong, Bolaang Mongondow II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

"Hingga pukul 16.40 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan 2 adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ujarnya.

Artikel Terkait