Daerah

3 WNA Jadi Korban Helikopter Jatuh Di Lombok Tengah

Oleh : Ronald - Senin, 15/07/2019 07:20 WIB

Kabid Humas Polda NTB Kombes Purnama dalam keterangan tertulis menyebutkan, pesawat yang terjatuh merupakan Type Pesawat Helicopter Bell-206L4/PK - CDV yang dioperasikan oleh PT. Carpediem Air dengan rute Unggasan-Lop-Labuan Bajo-Lop-Unggasan.

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebuah Helikopter jatuh di Dusun Gilik, Desa Kawo, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (14/7/2019) pukul 14.30 WITA.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Purnama dalam keterangan tertulis menyebutkan, pesawat yang terjatuh merupakan Type Pesawat Helicopter Bell-206L4/PK - CDV yang dioperasikan oleh PT. Carpediem Air dengan rute Unggasan-Lop-Labuan Bajo-Lop-Unggasan.

Saat musibah terjadi, helikopter ini dipiloti Capt. Kustiyadi yang membawa sebanyak tiga penumpang Warga Negara Asing (WNA) yakni Luka Marie (Jerman), Nicholas Alexander (Inggris) serta Donoso Lillo (Chille).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti yang memantau insiden jatuhnya helikopter ini terakhir kali melakukan kontak tower saat mengarah ke runway 31, pada pukul 14.02 WITA dan diberikan ijin mendarat oleh ATC yang bertugas. Sesaat kemu dian pada pukul 14.03 WITA pesawat tersebut jatuh.

"Kami terus memantau situasi atas insiden jatuh helikopter ini, semua pihak berkoordinasi dalam proses evakuasi," ujarnya.

Polana menambahkan, respon cepat dilakukan oleh Air Rescue Fire Fighting ( ARFF) yang tiba di lokasi kecelakaan pada pukuk 14.30 WITA. Tim ARFF terdiri dari utility dan ambulance dengan personel 10 orang.

Selanjutnya, pada pukul 15.03 WIT, 3 penumpang yang mengalami luka dibawa ke RS Praya.

"Saya mengimbau kepada seluruh penyedia layanan jasa transportasi udara untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan penerbangan, sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang beresiko," imbau Polana. (rnl)

Artikel Terkait