Bisnis

Kapal Tabrak Crane, INSA Apresiasi Kerja Cepat KSOP dan Pelindo III

Oleh : very - Senin, 15/07/2019 22:05 WIB

Ketua INSA Surabaya Stenven Henry Lasawengen/ (Foto: Ist)

Surabaya, INDONEWS.ID -- Hanya tiga jam setelah Kapal MV Soul of Luck yang diageni oleh PT Layar Sentosa menyenggol crane di dermaga TPKS Semarang, Minggu, 14 Juli 2019, terminal kontainer yang rusak sudah bisa beroperasi kembali. Langkah cepat KSOP dan Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan diapresiasi oleh Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA, Indonesia National Shipowners Association) Surabaya.

Kapal MV Soul of Luck menghantam 1 unit container crane 3 sehingga ambruk. Dalan insiden itu, tidak ada korban jiwa tidak ada, dan dilaporkan  korban luka ringan 1 orang.

Ketua INSA Surabaya Stenven Henry Lasawengen memberikan penilaian sangat positif atas kinerja instansi dalam pengelolaan pelabuhan antara lain PT Pelindo III dan Kantor Kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang.

“Kita menilai langkah yang diambil Pelindo III dan Ditjen Perhubungan Laut sudah sangat positif dan profesional. Hanya dalam hitungan jam situasi sudah dapat diatasi dan aktivitas pelabuhan dapat normal kembali,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji yang diterima di Jakarta, Senin (15/7).

Lebih jauh Stenven berharap semua langkah positif dan profesional harus tetap dijaga dan terus dipertahankan. ”Kita sangat berterima kasih kepada Pelindo III maupun KSOP Semarang atas langkah cepat tanggap yang diambil dan semoga profesionalisme ini tetap dipertahankan,” tandas Stenven.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirhubla) Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semarang, Jawa Tengah terus berkoordinasi dengan PT Pelindo III untuk memastikan kelancaran pelayanan kapal di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) pasca insiden kapal MV Soul of Luck yang menyenggol crane pada Minggu (14/7/2019). (Very)

Artikel Terkait