Nasional

Perdana Kunjungi Tambang Freeport, Menteri Rini Mengaku Bangga

Oleh : Ronald - Minggu, 28/07/2019 06:11 WIB

Kunjungan kerja Menteri BUMN Rini M Soemarno ke PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, Sabtu (27/7/2019). (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno melakukan kunjungan kerja dengan mengunjungi tambang milik PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, Sabtu (27/7/2019). Dalam kunjungan yang perdana itu, Menteri Rini melihat langsung dimana banyak warga negara Indonesia yang bekerja di Freeport.
 
"Hari ini saya sangat bangga karena putra-putra Indonesia mampu melaksanakan operasi tambang yang tidak mudah ini dengan baik. Apalagi yang menjalankan penambangan bawah tanah dengan menggunakan remote kontrol kebanyakan kaum perempuan." kata Rini dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu, 27 Juli 2019.

Banyaknya putra-putri Indonesia yang bekerja di Freeport tentu saja menjadi indikasi ini bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia juga cukup kompetitif.

Selain itu dengan kondisi tambang Freeport yang terletak di atas 4.285 meter di atas permukaan laut, serta tambang bawah tanah 1.760 meter di atas permukaan laut bisa memberikan pengalaman dan alih teknologi pengelolaan tambang serupa dikemudian hari.

"Sehingga ke depan, kita harapkan kalau nanti membuka tambang-tambang baru yang punya kesulitan seperti ini, kita sudah dapat melakikannya sendiri," kata Rini.

Menteri Rini menyampaikan, kunjungan perdananya ini baru bisa dilakukan setelah proses divestasi 51 persen kepada Pemerintah RI selesai dilakukan. 

Rini berhap para direksi dan pimpinan PT Freeport Indonesia akan terus meningkatkan kinerjanya. Termasuk memikirkan agar masyarakat Papua khususnya Mimika bisa mandiri setelah operasi tambang nantinya berakhir.

"Banyak masyarakat yang sangat tergantung kepada operasi tambang dan mereka menjadi miskin ketika operasi tambangnya berakhir. Saya minta itu tidak terjadi di Mimika dan tugas direksi PT Freeport Indonesia untuk ikut memikirkan jalan keluarnya," tandas Rini. (rnl)

 

Artikel Terkait