Nasional

Antisipasi Gangguan Kesehatan Akibat Kebocoran Minyak, Pertamina Bangun Posko

Oleh : Ronald - Senin, 29/07/2019 10:58 WIB

Vice Presiden Relation Corporate Communication (PHE ONWJ) Fajriyah Usman mengatakan posko kesehatan sudah dibangun sejak beberapa hari terakhir. (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Terkait kebocoran tumpahan minyak di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, PT Pertamina akan membangun posko kesehatan untuk membantu masyarakat sekitar lokasi.

Vice Presiden Relation Corporate Communication (PHE ONWJ) Fajriyah Usman mengatakan ada empat posko kesehatan yang didirikan, di antaranya dibangun di Posko Cemarajaya, Posko Sungai Buntu, Posko Sedari, serta Posko Kesehatan Pantai Mutiara. Dia menyebut posko kesehatan sudah dibangun sejak beberapa hari terakhir.
 
"Untuk mengantisipasi munculnya gangguan kesehatan masyarakat atas peristiwa kebocoran minyak mentah di sekitar Anjungan Lepas Pantai YY Area (PHE ONWJ)," sebutnya.

Diketahui, ada ssebanyak 120 warga desa diduga terdampak kebocoran minyak mentah milik Pertamina Hulu Energi (PHE ONWJ) dirawat. Mereka dihinggapi penyakit gatal-gatal dan batuk.

"Tapi berdasarkan identifikasi sementara, keluhan mereka sampaikan itu bukan dampak langsung dari oil spill," ujar Fajriyah.

Meski begitu, pihaknya tetap membantu masyarakat. Pertamina membangun posko kesehatan melalui anak usaha PT Pertamedika.
 
"Saat ini Pertamina telah mendirikan empat posko kesehatan di Karawang," kata Fajriyah.

Untuk  bisa menutup kebocoran yang menimbulkan tumpahan minyak tersebut, fajriyah menyebutkan pihaknya membutuhkan waktu dua bulan  Kebocoran yang ada akan ditambal dengan semen. (rnl)
 

Artikel Terkait