Nasional

Pemerintah Buka 200 Ribu Lowongan Untuk ASN

Oleh : Ronald - Selasa, 30/07/2019 14:45 WIB

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin pada rapat koordinasi pengadaan Pegawai Negari Sipil (PNS) di Jakarta, Selasa, (30/7/2019) mengatakan bahwa lowongan difokuskan untuk tenaga profesional

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk menutupi kekurangan tenaga Aparatus Sipil Negara (ASN) yang pensiun pada 2019, pemerintah akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga profesional. 

"Untuk tahun ini akan direkrut 100.000 CPNS, kemudian 75.000 PPPK. Jadi, total 175.000," ujar Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin pada rapat koordinasi pengadaan Pegawai Negari Sipil (PNS) di Jakarta, Selasa, (30/7/2019).

Syafruddin menyebut lowongan difokuskan untuk tenaga profesional. Tercatat tahun ini, ada sebanyak 52.000 guru pensiun.

"Guru, tenaga kesehatan, kemudian tenaga-tenaga yang akan ditempatkan di kementerian/lembaga juga harus teknis profesional," bebernya.

Saat ini, kata dia, guru dan tenaga kesehatan masih minim sumber daya manusia (SDM). Syafruddin menyebut ketersediaan dokter di Puskesmas baru mencapai 75%.

"Puskesmas kita itu kekurangan dokter," tutur dia.

Namun, mantan Wakapolri itu belum bisa menyampaikan waktu pasti lowongan CPNS dan PPPK dibuka. Sebab, masih menunggu hasil kesepakatan dari rapat koordinasi pengadaan PNS.

"Ini akan dibahas dalam dua hari ini, kapan timelinenya, kapan jadwalnya, Karena itu menyangkut anggaran, bukan hanya anggaran APBN Pemerintah Pusat juga APBD," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait