Nasional

Menhub Targetkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Beroperasi Akhir 2022

Oleh : Ronald - Selasa, 06/08/2019 12:12 WIB

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (Foto : Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Perhubungan (menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa proyek konstruksi jalur kereta semi cepat Jakarta-Surabaya sudah bisa dilakukan pertengahan tahun depan. Karena itu, dirinya berharap kereta itu bisa mulai bisa beroperasi pada akhir 2022.
 
"Kira-kira selesai dalam dua tahun. Sedangkan uji coba butuh waktu enam bulan. Jadi mungkin akhir (tahun) 2022 baru bisa operasi," ujarnya kepada awak media di Jakarta, Senin, (5/8/2019).
 
Adapun untuk konstruksi, menurut Budi, pembangunan rel yang baru akan dilakukan pada lintas Jakarta-Semarang. Sementara lintas Semarang hingga Surabaya tetap menggunakan rel lama.
 
"Kalau bicara mengenai mengurangi tikungan, mengurangi terjal, itu ada banyak di Jakarta-Semarang, sisanya datar. Jadi kita fokuskan di situ," urainya.
 
Budi menjamin perjalanan Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari enam jam dengan kereta semi cepat.
 
"Jadi kecepatannya itu rata-rata 140 km/jam sampai dengan 145 km/jam. Tertinggi bisa 160 km/jam sehingga Jakarta-Surabaya kita kunci di 5,5 jam. Dalam sehari Anda bisa bolak-balik dua kali sehingga efisien," pungkasnya

Budi juga menginformasikan bahwa proyek ini mendapat suntikan dana dari Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) sebesar Rp60 triliun. Ke depan, pihak JICA juga akan melakukan studi kelayakan untuk memperhitungkan berbagai risiko teknik. 

"Studi kelayakan itu seperti melakukan survei, menetapkan desain, dan menghitung risiko. Contoh jalannya dipindah kemana, tingkat kelandaiannya harus dikurangi atau tidak, dan lain-lain," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait