Nasional

Oktober Uji Coba LRT Cibubur-Cawang, Menhub : Semoga Bisa Lebih Cepat

Oleh : Ronald - Selasa, 06/08/2019 14:10 WIB

Stasiun Light Rail Transit (LRT) di Cibubur. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba  Light Rail Transit (LRT) Jabodebek fase Cibubur-Cawang bisa segera dimulai pada Oktober mendatang.

Mengingat jalur Cibubur-Cawang yang memiliki jarak sepanjang 13,7 kilometer (km) ini akan rampung dalam waktu dekat, Menhub mengatakan rencana uji coba jalur ini akan berlangsung selama enam bulan dan diharapkan selesai April 2020.

Sementara itu, seluruh gerbong LRT juga telah siap digunakan dan tengah menunggu dikeluarkan dari gudang milik PT Industri Kereta Api (Persero) (Inka).

"Kereta-keretanya sudah siap, dan semoga bisa diujicobakan mulai Oktober selama enam bulan paling tidak. Saat LRT Palembang sebenarnya uji coba membutuhkan waktu hampir satu tahun, tapi karena untuk LRT ini kereta sudah diuji sehingga hanya enam bulan saja," jelas Budi di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Senin (5/8/2019) kemarin.

Menhub juga mengungkapkan bahwa usulan ini sudah disampaikan kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Luhut Binsar Panjaitan dan akan segera disampaikan ke kontraktor proyek, yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

"Jadi nanti ketika sudah tersambung dengan Dukuh Atas, maka semua-semuanya bisa siap lebih cepat," jelas dia.

Sementara itu, Luhut mengatakan uji coba LRT Jabodebek relasi Cibubur-Cawang memang perlu segera dimulai karena proyek sempat molor setahun lantaran pembebasan lahan yang tak kunjung usai. Dengan uji coba ini, ia harap operasional LRT Jabodebek tak mundur lagi.

"Memang LRT lambat setahun gara-gara pembebasan lahan, setelah ini kami harap tak ada lagi pemunduran," tandas Luhut. (rnl)


Artikel Terkait