Pojok Istana

Salat Idul Adha Di Bogor, Jokowi Tekankan Nilai Kesalehan Sosial

Oleh : Ronald T - Minggu, 11/08/2019 12:25 WIB

Presiden Jokowi saat melaksanakan Shalat Idul Adha, Presiden tampak didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, turut juga hadir Wali Kota Bogor Bima Arya. (Foto : Istimewa)

Bogor, INDONEWS.ID - Seluruh umat Islam di Indonesia pada hari ini merayakan hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Ahad (11/8/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi pun memilih menunaikan ibadah salat Idul Adha di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Pada salat Idul Adha kali ini dipimpin oleh imam dan khotib yang tak lain adalah dosen sekolah tinggi An-nuaimy, Iqbal Subhan Nugraha. Adapun Khutbah yang disampaikan pada Idul Adha tersebut bertemakan berqurban adalah stimulus untuk menghadirkan kesolehan sosial. 

Saat menunaikan ibadah salat Idul Adha, Jokowi tampak mengenakan baju koko warna putih serta sarung warna cokelat dan kopiah hitam. Sedangkan, Iriana Jokowi mengenakan mukena berwarna putih.  

Salat Idul Adha dimulai pada pukul 07.00 WIB. Usai menunaikan Shalat Ied, Jokowi pun mendorong masyarakat agar meningkatkan kesalehan sosial antar sesama.

Presiden menilai, hubungan baik antar masyarakat masih harus ditingkatkan lagi di Indonesia.

"Dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial yang saya kira di negara kita masih terus harus kita dorong agar seluruh umat melakukan itu dengan baik. Baik dengan teman, tetangga, saudara, dan rekan sekampung saya kira yang berkaitan dengan kesalehan sosial harus kita dorong," jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, selain menjaga ketaqwaan kepada Allah SWT, umat Islam juga harus menjaga hubungannya dengan sesama.

"Dan paling penting di Hari Raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban, pengorbanan," ucap dia.

Saat melaksanakan Shalat Idul Adha, Presiden tampak didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, turut juga hadir Wali Kota Bogor Bima Arya.

Setelah itu, Presiden juga menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi berjenis peranakan ongole. Presiden dan Ibu Negara juga menyempatkan diri menyapa masyarakat yang juga menunaikan salat Idul Adha di Kebun Raya Bogor. (rnl)

Artikel Terkait