Nasional

Luhut Usulkan Penggunaan Motor Listrik Di 2020

Oleh : Ronald - Rabu, 14/08/2019 10:28 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Berboncengan Naik Motor Listrik di Asmat. (Foto : Istimewa)

 Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk karya anak bangsa, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan agar pengadaan kendaraan roda dua tahun depan yang dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di tahun depan mulai berbasiskan energi listrik.
 
"Saya lapor ke presiden APBN tahun depan pembelian sepeda motor diwajibkan motor listrik dari Gesit misalnya. Agar penggunaan kendaraan bermotor makin maju," kata Luhut di Jakarta Pusat, Selasa, (13/8/2019).

Luhut juga mendorong penggunaan teknologi karya anak bangsa lainnya sebagai dukungan terhadap produksi dalam negeri. Dia berharap BUMN bisa bekerja sama dengan para teknopreneur dalam negeri.

"Jadi supaya mencoba mendorong karya anak bangsa. Kalau tidak kita mulai begitu, kapan teknologi kita akan maju," pungkasnya. 

Luhut menjelaskan hal tersebut bisa dilakukan apabila infrastruktur pendukung kendaraan listrik sudah siap dan memadai. Dia mencontohkan hal ini bisa diterapkan terlebih dahulu di Jakarta sebagai upaya untuk menekan polusi yang tinggi di Ibu Kota. 

"Kalau sudah siap infrastrukturnya terutama Jakarta, kan daerah lain belum siap. Jakarta kan cuacanya parah 60 persen polusi di duara itu karena kendaraan," tandas Luhut.

Artikel Terkait