Budaya

Glenn Fredly: Inspirasi Besar Bangsa Ini Datang dari Sebuah Lagu

Oleh : indonews - Rabu, 14/08/2019 12:30 WIB

Glenn Fredly saat Launching Buku Kisah-Kisah Teladan Kesederhanaan Tokoh Bangsa Karangan Faisal Basri (Foto:IST)

Jakarta, INDONEWS.ID - Musisi besar Tanah Air, Glenn Fredly mengatakan inspirasi besar bangsa ini datangnya dari sebuah lagu.

Demikian dikatakanya dalam sebuah acara peluncuran dan bedah buku berjudul "Untuk Republik: Kisah-kisah Teladan Kesederhanaan Tokoh Bangsa" karya Faisal Basri dan Haris Munandar di Museum Galeri Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, (13/8/2019) kemarin. 

Glenn mencontohkan, lagu berjudul Indonesia Raya, karya Wage Rudolf Supratman begitu menginspirasi para pemuda-pemudi Indonesia di Kongres Pemuda pada 1928.

Lagu ini pertama kali diperkenalkan dan diperdengarkan saat Kongres Pemuda II di Batavia (sekarang Jakarta) pada 28 Oktober 1928.

Syair-syair lagu itu, lanjutnya membangkitan rasa cinta yang begitu besar di hatai para pemuda Indonesia kepada bangsa ini.

"Inspirasi besar bangsa ini datang dari sebuah lagu. Lagu karya WR Supratman itu memberi inspirasi ke pemuda di Kongres Pemuda pada 1928," terang Glenn.

Glenn Fredly menjelaskan, Indonesia Raya memberikan gempuran semangat kepada para pemuda dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk bersatu meraih kemerdekaan.

"Itu lagu yang menggambarkan persatuan, memberikan semangat ke depan," ujarnya.

Lebih jauh Glenn Fredly menyebutkan bahwa zaman telah berubah dan terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara generasi dulu dan generasi sekarang.

Namun menurutnya, ada beberapa hal yang harus diwarisi oleh generasi sekarang dari generasi muda dulu yaitu semangat kepemudaan dan persatuan demi mencapai kemajuan bangsa.

Syaratnya, kata dia, dilakukan dalam kerja kolektif, penuh inovasi dan lintas disiplin sehingga kita dapat memenuhi apa harapan dari founding father kita. (Rikardo)*

 

 

 

 

 

Artikel Terkait