Daerah

Kilang Minyak Di Kalimantan Terbakar, Pertamina Pastikan Warga Aman

Oleh : Ronald - Kamis, 15/08/2019 16:02 WIB

Untuk memadamkan api, para petugas dilapangan  menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit mobil Pemadam Kebakaran dan 1 unit trailer foam.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kebakaran terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V Balikpapan, Kaltim, Kamis (15/8/2019).

Mengutip dari Antara, percikan api diduga muncul sekitar pukul 09.30 WITA saat perbaikan pipa.

Menurut Humas Pertamina Kalimantan Heppy Wulansari, api sudah dilokalisasi dan jalur api utama sudah padam.

Sementara mengutip Tribun Kaltim, api sempat padam beberapa saat. Namun, pipa Pertamina RU V Balikpapan kembali terbakar lagi sekira pukul 11.30 Wita.

Beberapa jam kemudian tampak dari kejauhan kepulan asap hitam dan tebal kembali keluar dari sumbu pipa Pertamina.

Untuk memadamkan api, para petugas dilapangan  menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit mobil Pemadam Kebakaran dan 1 unit trailer foam.

"Alhamdulillah dalam waktu yang tidak terlalu lama api dapat dipadamkan," ujar Heppy Wulansari, Manager Region Communication Relation dan CSR Kalimantan dalam keterangan resminya, Kamis (15/8/2019).

Menurut Heppy, penanggulangan pasca kejadian masih terus dilakukan oleh tim Pertamina. Saat ini, kilang tetap beroperasi.

Pertamina akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut. Tim Pertamina sudah mengunjungi pemukiman masyarakat yang berada di sekitar kilang untuk memastikan masyarakat dalam keadaan aman.

Lebih lanjut, Heppy mengutarakan akan membagikan masker dan tim medis untuk warga sekitar yang terdampak dari musibah ini.

 “Kami juga sudah bagikan masker ke warga sekitar dan standby kan tim medis apabila dibutuhkan," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait