Nasional

UAS Klarifikasi Video Viral Dugaan Penistaan Agama

Oleh : Ronald - Senin, 19/08/2019 02:22 WIB

Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan klarifikasi tentang dugaan penistaan agama lewat ceramah tentang salib dan jin kafir.

Video klarifikasi UAS beredar di media sosial. Salah satu yang mempostingnya adalah chanel YouTube FSRMM TV  dengan judul video `Klarifikasi Tentang Anggapan Ustadz Abdul Somad Menghina Kristen / Menghina Salib.`

Dari video tersebut, UAS memberikan tiga poin klarifikasi. Pertama, UAS menuturkan dia hanya menjawab pertanyaan dari anggota jemaah.

Sementara yang kedua, UAS mengaku kajiannya soal salib dan jin kafir disampaikan dalam forum tertutup di masjid.

"Itu pengajian di dalam masjid tertutup, bukan di stadion, bukan di lapangan sepak bola. Bukan di TV, tapi untuk intern umat Islam menjelaskan pertanyaan umat Islam mengenai patung dan tentang kedudukan Nabi Isa. Untuk orang Islam dalam sunah Nabi Muhammad," jelas UAS.

Yang terakhir, UAS menyebut bahwa video yang viral adalah ceramahnya tiga tahun silam. Dia pun heran, kenapa video tersebut viral saat ini.

"Kenapa diviralkan sekarang? Kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT," ujarnya.

Meski demikian, UAS mengaku tidak akan lari dari masalah. Sebab, dia merasa tidak bersalah.

"Saya tidak akan takut karena saya merasa tidak bersalah dan tidak pula bermasuk merusak persatuan dan kesatuan bangsa," tegasnya.

Sebelumnya, UAS menjadi bahan perbincangan setelah video ceramahnya viral di media sosial.

UAS sapaan akrabnya ini berceramah soal hukum melihat salib. Hal ini dikatakan setelah ia mendapat pertanyaan dari jamaah dicatatan dalam selembar kertas. Dalam video tersebut, UAS menyebut salib adalah jin kafir dan setan. (rnl)

Artikel Terkait