Nasional

Polri Tanggapi Permintaan MUI Soal Ceramah Ustaz Abdul Somad

Oleh : Mancik - Kamis, 22/08/2019 10:22 WIB

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.(Foto:Antaranews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menerangkan, pihaknya belum dapat memberikan penjelasan secara detail terkait dengan penanganan secara hukum video ceramah dari Ustaz Abdul Somad. Pasalnya, Bareskrim Polri masih merampungkan prsoes penyelidikan terhadap video ceramah tersebut. Hal ini ia sampaikan untuk menaggapi permintaan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar ceramah UAS soal salib tidak diselesaikan melalui ranah hukum.

"Saya belum bisa ngomong, saya nunggu Bareskrim dulu nanti penjelasannya gimana baru saya ngomong," kata Dedi seperti dilansir detiknews, Jakarta, Rabu,(22/08/2019)

Proeses penyelidikan terhadap video ceramah UAS, kata Dedi, ditangani langsung oleh Bareskrim Polri. Adapun perkembangan dari proses penyelidikan tersebut yakni Bareskrim tengah melakukan analisis terhadap sejumlah laporan terkait video ceramah dari UAS.

"Kan penyelidikannya belum, masih dilakukan terhadap penelaahan laporan itu. Total pelaporan yang saya tahu ada dua, saya belum monitor lagi," jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya MUI sendiri telah meminta kepada UAS untuk memberikan klarifikasi terkait dengan video ceramah yang diduga menyinggung keyakinan agama lain. MUI berkeyakinan, masalah ceramah dari UAS tersebut dapat diselesaikan dengan dengan cara kekeluargaan, bukan dengan jalur hukum.

"Maka kami memanggil ke sini supaya ini reda dan jangan masuk ke wilayah hukum, tapi masuk ke wilayah yang sifatnya kultural," kata Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Masduki Baidlowi.

Masduki Baidlowi menambahkan, masalah ini bisa diselesaikan melalui dialog antara tokoh agama. Karena itu, masyarakat tetap tenang karena ada upaya dialog yang akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kita selesaikan persoalan ini antarsesama tokoh agama,"ungkapnya.*(Marsi)

 

 

 

Artikel Terkait