Daerah

Tiga Permintaan Tokoh Adat Sorong Kepada Pemerintah Pusat

Oleh : luska - Kamis, 22/08/2019 15:30 WIB

Menkopolhukam,Panglima TNI dan Kapori saat bertemu dengan tokoh adat,agama,dan pejabat Pemda Sorong.(Indonews.id/Luska)

Sorong, INDONEWS.ID - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menko Polhukam Wiranto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian berkunjung ke Papua hari ini, Kamis (22/8/2019). Kunjungan ketiga petinggi keamanan negara tersebut untuk memastikan situasi di Kota Sorong dan Manokwari pasca kericuhan beberapa hari lalu di Papua Barat.

Setibanya di Kota Sorong, rombongan Menkopolhukam langsung melakukan pertemuan dengan puluhan tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat di meeting room Swiss-Belhotel, Sorong, Papua Barat. Dalam pertemuan tersebut Menkopolhukan meminta masyarakat Papua untuk mengungkapkan aspirasinya.

Salah satu Tokoh adat Kota Sorong yang dituakan menyampaikan tiga permintaan terhadap pemerintah Indonesia.

Pertama, para tokoh adat dan masyarakat Papua meminta kehadiran Presiden Jokowi ke Sorong. Kedua mereka meminta asrama Papua dibetulkan dan difungsikan kembali seperti semula. Dan Ketiga aparat keamanan segera menindak pelaku baik sipil maupun aparat yang bertindak radikal kepada mahasiswa Papua yang ada di Surabaya dan Malang.

Dalam pertemuan tersebut hadir pula Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Bupati Sorong Stepanus Malak, Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau. Seusai pertemuan, rombongan Menkopolhukam melanjutkan perjalanan untuk berkeliling Papua.

Sebagai informasi kedatangan Menkopolhukan Wiranto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian selain untuk memantau perkembangan situasi keamanan di Papua Barat, juga atas perintah dari Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan untuk mendatangi Papua bersilaturahmi dengan seluruh masyarakat Papua dan tokoh adat Kota Sorong. (Lka)

Artikel Terkait