Daerah

Sambut Lebaran Anak Yatim, Wadah Amannah Ummat Bakal Gelar Santunan

Oleh : Ronald T - Minggu, 01/09/2019 21:21 WIB

Pengurus Wadah Amannah Ummat Dedeh Rohani bersama dengan anak-anak yatim piatu dan duafa yang diasuhnya. (Foto : dok pribadi)
Bogor, INDONEWS.ID - Akhlak Rasulullah SAW adalah yang mulia seantero umat manusia. Rasulullah seringkali memberi contoh perlakuan terhadap sesama dengan akhlaknya. 
 
Di samping itu, Islam demikian memperhatikan nasib fakir miskin dan anak-anak yatim. Bahkan yang menyia-nyiakan nasib anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan kepada kaum miskin disebut mendustakan agama, sebagaimana dalam Alqur`an Surat Al-Maun. 
 
Bertepatan memperingati 10 Muharam atau biasa dikenal dengan perayaan lebaran-nya anak yatim yang jatuh pada tanggal 10 September mendatang, dimamfaatkan sebagian orang sebagai momentum untuk bersedekah. Seperti salah satunya yang dilakukan oleh Dedeh Rohani.
 
Perempuan kelahiran Bogor, yang dibulan Desember mendatang genap 50 tahun itu tengah menggalang donasi untuk kemudian disumbangkan kepada 255 anak yatim yang berada di daerah Tajur, Bogor Timur, Jawa Barat.
 
Dedeh mengungkapkan kegiatan santunan kepada anak yatim dan duafa yang diasuhnya ini nantinya akan dilaksanakan di majelis masjid yang berlokasi di Jalan Raya Tajur, Gang Babadak, Kampung Muara, Kelurahan Sindang Rasa, Bogor Timur. Namun, dalam upayanya menggalang dana yang nantinya akan didonasikan masih menghadapi sedikit kendala. 
 
"Uang yang sudah diberikan para donatur ini memang masih belum cukup," ujarnya pada Minggu, (1/9/2019).
 
Meskipun demikian, Dedeh yang juga merupakan pengelola yayasan bernama Wadah Amannah Ummat itu tetap optimis jika usahanya untuk menggalang dana bantuan ini bisa tercapai. Pasalnya, bukan kali ini saja dirinya melakukan kegiatan santunan ini.
 
"Jadi sebenarnya kegiatan seperti ini sudah berjalan setiap tahunnya, setiap lebaran anak yatim. Bahkan setiap minggu kita ada pengajian selanjutnya kita makan bersama anak-anak yatim ini," terang Dedeh.
 
Dedeh memang memiliki jiwa sosial yang begitu tinggi. Ditengah hidupnya yang bisa dikatakan juga tidak dalam standar ekonomi yang sejahtera, namun dirinya masih memiliki rasa empati yang begitu besar terhadap anak yatim ini.
 
Dirinya berharap bagi siapa saja yang memiliki rasa empati yang tinggi untuk mengasihi sesama, khususnya anak-anak yatim dan duafa ini bisa memberikan dukungan terhadap upayanya menggalang dana ini.
 
"Siapa saja yang ingin mendonasikan sedikit rejekinya bisa lewat Bank Mandiri 1330007382781 a/n Dede Rohani. Donatur bisa langsung mentransfer sumbangan sedekah ke rekening tersebut. Harapan saya, dana dari para donatur ini nantinya bisa terkumpul dan mencukupi untuk menyantuni sebanyak 225 anak-anak yatim," ujarnya. (rnl)
 
 
 

Artikel Terkait