Nasional

Dianggap Rahasia, Pansel KPK Tidak Akan Berikan Hasil Tes Kesehatan Capim Ke DPR

Oleh : Ronald - Senin, 09/09/2019 11:54 WIB

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dianggap rahasia, panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan memberikan hasil tes kesehatan dan profile assessment 10 capim KPK ke rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi III DPR dalam hari ini.

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih mengatakan pihaknya akan menjelaskan kepada Komisi III DPR tentang proses yang telah dilalui selama ini, sehingga menghasilkan 10 capim KPK.

"Tapi kalau misalnya hasil tes kesehatan, hasil profile assessment tentu tidak bisa, karena itu kan rahasia untuk kami. Untuk hasil tes kesehatan itu sama sekali tidak bisa diberitahukan, karena itu kan ada masalah yamg privacynya," ujar Yenti Garnasih di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Yenti mengatakan, beberapa negara pun menganggap hasil tes tersebut rahasia dan diatur dalam Undang-undang Perlindungan Privasi Warga Negara.

"Ya kita hanya menyampaikan berdasarkan yang lalu, yang kita sampaikan adalah ya kelayakan kenapa Capim yang 10 ini menjadi kita pilih," katanya.

Selanjutnya, kata Yenti, Pansel hanya menyerahkan 10 nama capim KPK itu ke Presiden Jokowi.

"Presiden setuju, kemudian presiden serahkan (ke DPR-red). Kan kita hanya membantu itu. Tapi kalau assesment mendalam tidak kita berikan. Tapi pokoknya bagi kita inilah kelayakannya. Nanti terserah DPR kan untuk mengambil 5 dari 10," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait