Nasional

Pemerintah Glontorkan 100 Juta Perbaiki Papua, Pasca Kerusuhan

Oleh : luska - Selasa, 10/09/2019 06:01 WIB

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto. (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki fasilitas umum hingga pemukiman di Papua dan Papua Barat yang rusak akibat kerusuhan. 

Untuk perbaikan tersebut, kata Wiranto, pemerintah telah menganggarkan kurang lebih Rp100 miliar. 

"Paling tidak sudah tersedia dana Rp100 miliar untuk membangun itu kembali. Sedangkan untuk membangun milik-milik perorangan yang kemarin juga keserempet rusak juga sedang dipikirkan," kata Wiranto di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).
 
Ditambahkan mantan Panglima TNI ini, saat perbaikan nanti pemerintah akan dibantu oleh TNI/Polri yang sudah berjaga mengamankan wilayah Papua dan Papua Barat dari kericuhan. 

Sebelumnya telah diberikan Wilayah Papua dan Papua Barat sempat ricuh berujung pengrusakan dan pembakaran sarana dan prasarana pemerintah dan rumah warga saat berdemonstrasi di Jayapura menentang tindakan rasialisme terhadap mahasiswa Papua pada 29 Agustus 2019. 
 
Namun demikian sejak Senin (2/9/2019), situasi keamanan di Papua dan Papua Barat  berangsur kondusif. Warga mulai beraktivitas seperti biasa. Tapi aparat TNI dan Polri masih berjaga di beberapa bagian Kota Jayapura. (Lka)
 

Artikel Terkait