Internasional

Piala Dunia Catur Digelar di Khanty-Mansiysk Rusia

Oleh : hendro - Selasa, 10/09/2019 09:02 WIB

Kontingen Indonesia dalam kejuaraan catur dunia di Rusia

Khanty-Mansiysk, INDONEWS.ID - Pertarungan catur untuk merebut Kejuaraan Dunia FIDE dibuka Senin (9/92019) malam waktu setempat. Ada 128 pecatur dari 47 negara yang menang di zona penyisihannya masing-masing akan ikut bertarung.

Salah satunya GM Susanto Megaranto yang untuk ketiga kalinya menguji keberuntungannya di kejuaraan dunia. Sebelumnya, dalam pertandingan yang kalah harus pulang, Susanto hanya mampu bertahan hingga pertandingan kedua. "Kali ini saya ingin hasil yang lebih baik," katanya mantap. 

"Yang penting Susanto dapat terus teruji dalam pertarungan tingkat dunia," kata Dr. Retno Artsanti, Ketua Kontingen tim catur  Indonesia. "Hanya dengan cara semacam itu ia dapat semakin kompetitif dalam pertarungan catur tingkat dunia."

GM Susanto dua hari sebelumnya telah berlatih di Moscow dengan arahan Ruslan Shcherbakov, analis dan pelatih catur dari Rusia. Ia mempertajam teknik-teknik penyelesaian akhir yang terus menjadi semakin complicated.

"Kami akan terus mendukung GM Susanto Megaranto untuk berkiprah di pertarungan catur tingkat dunia," imbuh Artsanti, yang juga Vice President Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Pembukaan Kejuaraan Dunia Catur FIDE 2019 dilaksanakan di Art Centre Khanty-Mansiysk, dilengkapi dengan sajian musik, ballet, pantomin, yang menghibur. Selasa, 10 September 2019, pertarungan pertama akan digelar. Susanto sudah harus bertarung menghadapi Juara Kejuaraan Dunia Catur FIDE 2015 dari Rusia. "Meskipun lawan sangat berat, saya akan memberikan yang terbaik bagi merah-putih," ujarnya. 

Malam  pembukaan itu merah-putih menjadi salah satu yang berkibar di antara 46 bendera negara lainnya.

Artikel Terkait