Nasional

Sius Dowansiba Dorong Pemerintah Selesaikan Masalah Papua Hingga Tuntas

Oleh : Mancik - Minggu, 06/10/2019 21:27 WIB

Ketua DPD KNPI Papua Barat Sius Dowansiba.(Foto:IST)

Jakarta,INDONEWS.ID - Tokoh muda Papua Sius Dowansiba mendorong pemerintah menyelesaikan masalah Papua hingga tuntas. Penyelesaian masalah Papua ini mesti dilakukan hingga masyarakat betul-betul merasakan kesejahteraan dan kedamaian.

Menurutnya, penyelesaian Masalah Papua ini tidak boleh berlarut-larut. Hal ini penting agar masalah yang sama tidak terjadi lagi di kemudian hari.

"Persoalan di Papua harus di selesaikan secara serius dan berkelanjutan, jangan biarkan persoalan ini berlarut-larut" kata Sius kepada Indonews di Jakarta, Minggu,(6/10/2019)

Ketua DPD KNPI Papua Barat ini mengatakan, menyelesaikan masalah Papua ini sangat bergantung dari kemauan elit politik yang ada di Jakarta maupun yang ada di daerah. Jika elit politik memiliki kemauan yang baik, maka masalah ini pasti akan selesai.

"Semua persoalan di Papua tergantung dari Elite di republik ini, adakah yang punya niat baik dan punya hati yang tulus untuk membangun tanah kami ini, karena hati yang baik adalah hati yang damai untuk menjawab persoalan di Papua," ungkapnya.

Ia menegaskan, salah satu pilihan untuk melihat masalah Papua dengan jernih adalah dengan cara dialog. Dialog antara masyarakat dengan elit politik yang mengambil kebijakan.

Dialog akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaiakan aspirasinya. Dengan demikian, pemerintah dapat mendengarkan secara langsung apa yang betul-betul diiginkan oleh masyarakat di Papua.

"Barangkali kalau menjawab persoalan Papua adalah para elite berkumpul untuk memiliki hati yang benar-benar membangun Papua," tutupnya.

Artikel Terkait