Gaya Hidup

Betran Peto Sah Jadi Anak Angkat Ruben Onsu, Ini Rangkaian Prosesi Adatnya

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 08/10/2019 19:42 WIB

Ruben Onsu dan Keluarga disambut secara adat Manggarai, di Cancar Flores NTT

Ruteng, INDONEWS.ID - Betrand Peto, anak laki-laki berusia 13 tahun kelahiran Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu telah secara sah menjadi anak angkat pembawa acara Ruben Onsu dan istrinya Sarwendah.

Hal itu ditandai dengan penyerahan oleh keluarga kandung Betran Peto kepada keluarga Ruben Onsu dengan menjalani prosesi adat sesuai dengan ritus budaya Manggarai, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari Sabtu (5/10).

Ruben Onsu dan Betrand Peto ditemani Sarwendah terbang ke Nusa Tenggara Timur untuk menjalani serangkaian prosesi adat. Sebelumnya, Ruben Onsu dan Sarwendah memang memutuskan untuk mengangkat Betrand Peto, penyanyi viral itu menjadi anak mereka.

Prosesi adat ini dilakukan di kampung halaman Betrand Peto yakni di Cancar, Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Dalam prosesi ini keluarga Peto menyerahkan Betrand Peto kepada Keluarga Onsu sebagai tanda adopsi.

Tiba di kampung halaman Betrand, Ruben Onsu dan Sarwendah disambut meriah oleh masyarakat setempat. Banyak orang yang berkerumun dan tak mau ketinggalan mengabadikan momen kedatangan sang putra daerah, Betrand Peto dan keluarga barunya.

Ruben Onsu dan Sarwendah yang menjalani prosesi adat inipun tampil mengenakan busana adat NTT. Betrand Peto juga tampak gembira menjalani prosesi adat pengangkatannya sebagai anak Ruben Onsu ini.

Ruben dan rombongan berjalan sepanjang 50 meter sambil menjalani ritual-ritual, hingga disambut dengan "tuak Kapu" oleh kepala desa.

Saat di dalam rumah, Betrand dipisahkan dari Ruben dan Sarwendah. Betrand berada di suatu ruangan untuk mendapatkan nasihat dan petuah dari kedua orangtuanya.

Di ruangan itu Betrand diberikan sebuah bacaan khusus di mana, sebagai simbol bahwa roh Betrand tidak boleh keluar. 

Setelah mendapat nasihat dan petuah dari kedua orangtuanya, Betrand baru bertemu dengan Ruben sekaligus orang tua kandung Betran secara simbolik menyerahkan Betran kepada keluarga Ruben Onsu untuk menjadi anak angkatnya.

Mereka diolesi darah ayam di bagian telapak tangan dan kaki sebagai wujud untuk menjaga dan menuntun perjalanan Betran ke depannya. Pengolesan darah ayam itu juga di lakukan kepada Betran untuk melindungi dan menjaga perjalanan karirnya ke depan.

Sebelum Rombongan Tiba

Guna menyambut kedatangan Ruben Onsu sekeluarga, keluarga Betrand Peto pun sejak semalam, Jumat (4/10/2019) telah melakukan serangkaian prosesi adat. Yakni pemanggilan arwah leluhur keluarga besar Peto.  Prosesi adat tersebut dilakukan guna menjelaskan kepada arwah leluhur Peto bahwa keluarga Ruben Onsu akan hadir.

Perihal maksud kedatangan Ruben Onsu itu pun turut dijelaskan kepada arwah leluhur Peto dalam upacara tersebut. Usai melakukan serangkaian prosesi adat itu, akhirnya didapatkan jawaban bahwa arwah leluhur Peto menyambut baik niatan Ruben Onsu. Bahkan menurut Ferdinandus Peto, arwah leluhurnya itu sangat menerima kehadiran Ruben Onsu di sana.

"Prosesi adat yang kita jalankan tadi mulai dari ritus adat sampai dengan proses penyembelihan ayam, kemudian sampai dengan ritus melihat bagaimana hasil permintaan dari kami apakah diterima atau tidak. Dan hasilnya baik. Dan ternyata semua leluhur keluarga besar Peto yang sudah meninggal dunia sangat menerima keluarga Ruben Onsu," pungkas Ferdinandus Peto.

Tak hanya arwah leluhur Peto yang sudah meninggal, keluarga besar Betrand Peto pun sudah sangat ikhlas menerima Ruben Onsu menjadi ayah Betrand. "Sudah sangat merestui," ucap Ferdinandus Peto.

Persiapan Sebelum Hari H

Sebelumnya, keluarga Betrand Peto memang sudah sibuk menyiapkan kedatangan rombongan keluarga Ruben Onsu. Sebelum Ruben Onsu tiba, timnya yakni MOP sudah tiba terlebih dahulu di kediaman kakek dan nenek Betrand Peto.

Dalam tayangan MOP Channel "MOMENT HANGAT TIM MOP DI RUMAH OPA OMA BETRAND PETO", keluarga Betrand Peto tampak sumringah menyambut kedatangan tim Ruben Onsu.

Sejak kemarin, Tim Ruben Onsu sudah tiba terlebih dahulu di Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kedatangan tim Ruben Onsu itu pun disambut antusias oleh keluarga Betrand Peto.

Bahkan ketika tim Ruben Onsu datang, keluarga Betrand Peto terlihat sibuk menyiapkan makanan. Pun dengan opa dan oma Betrand Peti yang tampak semringah menyambut kedatangan tim Ruben Onsu.

Mereka terlihat tak sabar menanti kedatangan Ruben Onsu sekeluarga beserta Betrand Peto. Bahkan ketika tim Ruben Onsu datang, ayah kandung Betrand Peto pun ikut menyambutnya.

Ayah kandung Betrand Peto itu pun terlihat berbincang akrab dengan tim Ruben Onsu. Segala persiapan tampaknya sudah dilakukan oleh keluarga Betrand Peto.

Hal itu tampak dari didirikannya tenda untuk menyambut kedatangan Ruben Onsu. Persiapan matang rupanya sudah dilakukan maksimal oleh keluarga Betrand Peto dalam menyambut kedatangan Ruben Onsu.*(Rikardo)

Artikel Terkait