Bisnis

UangTeman Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Manajemen Risiko Perusahaan

Oleh : Ronald - Selasa, 08/10/2019 20:37 WIB

EO & Co-Founder Uang Teman Aidil Zulkifli (tengah). (Foto : Ronald)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Digital Alpha Indonesia (UangTeman) bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memperkuat manajemen risiko kedua perusahaan. Adapun kerja sama ini mencakup perluasan kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan dan meningkatkan kemampuan machine learning Uang Teman pemberian penilaian kredit atau credit scoring.

"Melalui kerja sama ini dapat meningkatkan kemampuan analisis credit machine UangTeman, sehingga penilaian kelayakan kredit yang dilakukan bisa lebih akurat, tepat sasaran dan semakin meminimalkan risiko bisnis perusahaan," ujar CEO dan Co Founder UangTeman Aidil Zulkifli saat acara Signing Ceremony Kerja Sama Dengan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor UangTeman, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Sementara itu, dengan adanya peningkatan anlisis kredit ini, Aidil menargetkan penyaluran pinjaman yang dilakukan oleh perusahaannya semakin akurat dan dapat mengurangi resiko kegagalan bayar pinjaman dari nasabahnya. Hal ini tentu saja sejalan dengan komitmen perusahaannya untuk menyalurkan pinjaman dengan cara yang bertaggung jawab secara sosial (responsible lending).

“Ini juga bagian dari wujud nyata dukungan kami kepada pemerintah dalam rangka menciptakan ekosistem bisnis di sektor fintech yang lebih sehat dan tepat guna bagi masyarakat,” ujar Aidil.

Menurutnya data mirroring ini, UangTeman yakin dapat memberikan penilaian kelayakan kredit yang lebih cepat dan akurat. Sehingga kualitas pinjaman yang kami salurkan bisa lebih baik.

”Hal ini sesuai prinsip UangTeman untuk menjadi platform pinjam meminjam uang berbasis tekonologi informasi yang bertanggung jawab sosial,” ujar Aidil.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Dani Santoso mengaku senang dengan adanya kerjasama ini. Menurutnya, industri fintech saat ini sedang tumbuh pesat maka harus didukung secara optimal dn jadi peluang untuk BPJS Ketenagakerjaan dalam memperluas kepesertaan.

"Kami sangat senang dengan kerja sama ini karena UangTeman memiliki target pasar bagi masyararakat menengah ke bawah yang selama ini belum menikmati layanan keuangan dari perbankan dan belum semuanya terlindungi oleh Program BPJS Ketenagakerjaan . Karena itu, kami yakin kerja sama ini bisa meningkatkan kualitas penyaluran kredit kepada masyarakat dan meningkatkan perluasan perlindungan kepada pekerja yang belum terlindungi,” tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait