Internasional

KBRI Dukung Lokakarya Regional I tentang Peringkat UI GreenMetric World University

Oleh : hendro - Rabu, 16/10/2019 17:20 WIB

Dubes RI Tunis Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti saat menghadiri Lokakarya Regional Pertama tentang Peringkat UI GreenMetric World University

Tunisia, INDONEWS.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tunisia mendukung penuh penyelenggaraan Lokakarya Regional Pertama tentang Peringkat UI GreenMetric World University (IWGM 2019) yang diselenggarakan oleh Institut Tinggi Ilmu Agronomi Chott Mariem, Universitas Sousse-Tunisia pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2019.

 Konferensi yang bertema  “Sustainable University in a Changing World: Lessons, Challenges and Opportunities”  bertujuan untuk meningkatkan partisipasi universitas-universitas di  Afrika dalam UI GreenMetric, menuju pendekatan berkelanjutan dalam hal infrastruktur, limbah, air, energi dan perubahan iklim, transportasi dan pendidikan. 

Penyelenggaraan lokakarya tersebut dihadiri oleh para pakar lingkungan dan pejabat dari universitas (rektor, wakil rektor, direktur, dekan, profesor); dari berbagai Universitas di Tunisia dan dari luar Tunisia seperti: Universitas Raja Abdul Aziz-Arab Saudi, Universitas Phetchaburi Rajabhat-Thailand, Universitas Witwatersrand, Afrika Selatan, Universitas Amerika Beirut-Lebanon, Universitas Alexandria, Mesir dll. 

Lokakarya ini dipimpin oleh Prof. Riri Fitri Sari sebagai Ketua UI GreenMetric dengan dibuka secara resmi oleh Lotfi Belkacem, Profesor di Universitas Sousse – Tunisia. Selanjutnya acara juga diisi oleh Bapak Abdelmajid Ben Amara, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan Tinggi dan Penelitian Ilmiah Tunisia. Dubes RI Tunis Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti diundang dan diminta untuk memberikan sambutan pada acara pembukaan.

Ada empat sesi presentasi selama konferensi berlangsung dengan diisi oleh para ahli dan peneliti peringkat. Sesi pertama mempresentasikan Pengantar dan informasi tentang Jaringan Nasional Timur Tengah UI GreenMetric, sedangkan sesi kedua membahas Indikator UI GreenMetric dan proses pengiriman data, diikuti oleh Penandatanganan Deklarasi Keanggotaan Jaringan UI GreenMetric dan sesi ketiga adalah tentang "Mengelola Pengaturan dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Limbah di Universitas Afrika”.

Selanjutnya acara ditutup dengan sesi terakhir dengan tema “Mengelola Air, Transportasi, dan Pendidikan di Universitas Afrika.”

Lokakarya ini menyediakan platform yang sangat baik untuk pertukaran informasi dan kerja sama dalam membangun kampus yang hijau dan sustainable dengan lingkungan. Dengan prinsip kerja sama dan pengalaman berbagi, UI GreenMetric bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan universitas sebagai agen perubahan untuk dunia yang lebih baik. 

Artikel Terkait