Bisnis

PNM dan SMF Tandatangani MoU Hadirkan KPR Murah Bagi Karyawan dan Mitra

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 18/10/2019 18:59 WIB

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dan Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menandatangani MoU yang berlangsung di Menara Taspen, Jakarta, Jumat (18/10/2019, Foto: Rikard Djegadut/Indonews.id).

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) melakukan penandatanganan nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MOU) terkait pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau untuk karyawan serta Mitra PNM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dan Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menandatangani MoU yang berlangsung di Menara Taspen, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan kerjasama ini merupakan bentuk reaktualisasi dari pengembangan potensi masing-masing perseroan yakni PNM dan SMF.

"Kerja sama ini untuk memperluas pelaksanaan fungsi-fungsi sebagai agen pembangunan sekaligus agen pencipta nilai yang diemban oleh masing-masing entitas, yakni PNM dan SMF,” kata Arief.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan bahwa SMF sangat menyambut baik atas sinergi yang terjalin antara kedua lembaga di mana keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara.

Ananta berharap ke depannya hal tersebut dapat berjalan lancar, serta menginspirasi BUMN lainnya untuk dapat bersinergi bersama SMF. Dengan demikian, lanjutnya, sinergi dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan PNM melalui akses kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau.

"Sekaligus menggali potensi baru yakni pembiayaan KPR bagi magyarakat umum, penggiat UMKM binaan PNM, seperti Unit Layanan Modal Mikro (UIaMM) serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar),” harap Ananta.

Lebih lanjut Ananta mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen SMF sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan. SMF tambahnya, mengemban tugas dari Pemerintah sebagai Special Mission Vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan di Indonesia.

Untuk itu, lanjut Ananta penandatanganan MoU ini merupakan wujud nyata dalam menciptakan sinergi antar BUMN yang bertujuan untuk pengembangan bidang usaha kedua BUMN.

"SMF menyalurkan fasilitas pembiayaan jangka menengah/panjang terkait Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khususnya kepada karyawan PNM yang saat ini berjumlah 37.699 dan tersebar di seluruh Indonesia," tutup Ananta. *(Rikardo).

Artikel Terkait