Nasional

Kampanyekan Kendaraan Ramah Lingkungan, Karnaval Jakarta Langit Biru Raih Rekor MURI

Oleh : Ronald - Minggu, 27/10/2019 22:59 WIB

Aksi Hiburan Rakyat Pertunjukan Tradisional Masyarakat Betawi, Ondel-Ondel di Karnaval Jakarta Langit Biru, Minggu (27/10/2019)

Jakarta, INDONEWS,ID - Karnaval Jakarta Langit Biru di Patung Pemuda Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu (27/10/2019) mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Karnaval ini merupakan salah satu upaya yang mengkampanyekan kendaraan listrik ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penghargaan rekor MURI tersebut diberikan langsung oleh Pendiri MURI Jaya Suprana kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Rekor tersebut untuk kategori menampilkan kendaraan listrik dengan jenis dan unit terbanyak dan mencapai lebih dari 400 kendaraan, yakni sepeda, motor, mobil, bajaj, hingga bus.

"Pak Gubernur, hari ini kami menganugerahkan rekor MURI karena ini untuk pertama kali dihimpun kendaraan listrik di Indonesia. Jadi, ini rekor MURI kami serahkan atas rekor konvoi kendaraan listrik jenis terbanyak yang dianugerahkan pada Pemprov DKI Jakarta," kata Jaya Suprana di panggung karnaval Jakarta Langit Biru, Senayan, Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Basweda menyatakan lima komitmen untuk mendukung kendaraan bebas emisi dengan berbagai fasilitas yang tersedia di Kota Jakarta. Di antaranya tempat parkir hingga charging station.

"Hari ini kita melakukan kampanye Jakarta Langit Biru karena kita menginginkan Kota Jakarta memiliki udara yang bersih, memiliki langit yang biru," kata Anies.

Dia mengungkapkan, Pemprov DKI akan mendorong lebih banyak lagi warga untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi, terutama kendaraan pribadi berbasis BBM.

"Kita ingin mendorong lebih banyak warga mengurangi jumlah kendaraan pribadi BBM," timpalnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, karnaval Jakarta Langit Biru merupakan kampanye kendaraan ramah lingkungan oleh Pemprov DKI Jakarta. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari menyambut lomba balap Formula E pada tahun depan. (rnl)

Artikel Terkait