Nasional

Presiden Jokowi Lantik Idham Aziz Sebagai Kapolri

Oleh : luska - Jum'at, 01/11/2019 12:30 WIB

Presiden Joko Widodo Lantik Jenderal Pol Idham Aziz sebagai Kapolri. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo resmi melantik Mayjen Pol Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Pelantikan Idham Aziz sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang menjabat Mendagri ini telah sesuai berdasarkan surat keputusan presiden Nomor 97 Polri Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan 1 November 2019 hari ini Jumat.

Pelantikan Kapolri baru ini dimulai pukul 09.37 WIB, yang diawali dengan mengambil sumpah jabatan atas Idham Azis sebagai Kapolri baru oleh Presiden Joko Widodo.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara, Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung Tribrata," kata Jokowi yang diikuti Idham.

Usai pengambilan sumpah jabatan, Idham Aziz kemudian melakukan penandatanganan berita acara pengangkatan sebagai Kapolri yang didampingi dua saksi, yakni Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Dalam pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin, dan para menteri kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Menkominfo Johnny G Plate, Menperin Agus Gumiwang.

Pejabat tinggi negara lainnya juga hadir diantaranya Kepala Bappenas Soeharso Monoarfa, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid hingga Kepala BIN Budi Gunawan, Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin, Wakil Ketua DPR Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar hingga Ketua KPK Agus Rahardjo.

Tidak ketinggalan turut hadir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PAN sekaligus wakil ketua MPR Zulkifli Hasan. (Lka)

 

Artikel Terkait