Gaya Hidup

Yuk Jelajahi Kota-Kota Cantik di Pulau Flores yang Cantiknya Selangit

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 03/11/2019 19:59 WIB

Pulau Padar (Instagram @laravogel)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menjelajahi indahnya pulau Flores lewat jalur darat merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, dari ujung barat hingga ujung timur pulau ini selalu ada sesuatu yang unik dan sayang jika dilewatkan.

Pulau Flores di NTT ini punya alam yang luar biasa cantik, yang bikin geleng-geleng kepala. Jalan trans Flores yang jadi penghubung antar kota-kota di Flores juga termasuk jalan yang mulus.

Sebelum road trip, ada baiknya bikin daftar kota-kota cantik di Flores yang wajib dilewati saat road trip. Berikut adalah rekomendasi kota-kota cantik di Flores yang dihimpun Indonews.id

Labuan Bajo

Siapa sih yang tidak kenal Labuan Bajo? Labuan Bajo adalah pintu gerbang untuk datang ke Pulau Komodo, salah satu 7 Wonder Of The World.

Labuan Bajo juga jadi pintu gerbang untuk mulai road trip di Flores karena letaknya di ujung barat Pulau Flores. Cukup beli tiket pesawat ke Labuan Bajo, lalu lanjut menyusuri Flores jalur darat.

Sawah Jaring Laba-laba

Lanjutkan perjalanan ke arah timur melalui menuju kota Ruteng. Pastikan kamu mampir untuk melihat sawah berbentuk sarang laba-laba di Cancar.

Wae Rebo

Ruteng, adalah sebuah kota kecil di bagian barat Flores yang cantik. Kalau naik mobil dari Labuan Bajo ke Flores kamu akan menemukan sawah berbentuk sarang laba-laba. Sawah unik ini cuma ada di Ruteng lho.

Main ke desa atas awan, desa adat Wae Rebo. Temukan sensasi berkunjung ke negeri dongeng di sana

Dari Ruteng lanjut ke Desa Wae Rebo. Butuh usaha lebih sih untuk ke Wae Rebo, karena kamu cuma bisa jalan kaki untuk mencapai Wae Rebo. Meski begitu, usahamu nggak sia-sia. Kamu akan merasakan sensasi naik ke atas awan dan menemukan negeri dongeng di Wae Rebo.

Island Hoping di Riung

Main air, snorkeling, dan island hoping di Riung 17 Pulau. Sewa kapal seharian biar puas.

Setelah naik gunung, langsung turun gunung dan nyebur ke laut. Riung 17 Pulau di Kabupaten Ngada jadi destinasi selanjutnya. Puas-puaskan main air laut, snorkeling, dan island hoping.pa

Kota Bajawa

Bajawa, kota kecil berhawa dingin yang dikelilingi perbukitan. Ingat untuk main juga ke desa adat di sekitar Bajawa.

Desa Guru Sina

Dari laut, lanjut naik lagi ke bukit. Datanglah ke Bajawa, kota kecil yang letaknya di antara bukit-bukit. Kotanya adem, damai, penuh bunga. Ingat untuk mampir ke desa adat di sekitar Bajawa seperti Desa Gurusina dan Desa Bena di sekitar Bajawa.

Blue Stone Beach

Singgah di Ende dan temukan kerikil berwarna biru di Blue Stone Beach. Pancasila juga lahir di kota ini lho.

Lanjut lagi ke pantai yuk. Main ke Ende dan kamu bisa menemukan pantai dengan batu kerikil berwarna biru. Ende juga dikenal sebagai tempat pengasingan presiden pertama kita, Bp. Soekarno. Di Ende Pak Karno dapat ide untuk mencetuskan Pancasila. Kebayang dong syahdunya Ende.

Kota Ende Kelimut

Mampir ke Danau Kelimutu. Menginap dulu di Moni dan lanjut hiking pagi-pagi untuk lihat sunrise di Kelimutu.

Kalau sudah di Flores wajib naik ke Kelimutu. Danau Kelimutu punya 3 warna berbeda. Waktu terbaik untuk melihat keindahan Danau Kelimutu adalah saat matahari terbit.

Mampir ke Maumere untuk melihat pembuatan kain tenun di Desa Tenun Sikka. Pantai-pantai di Maumere juga cantik-cantik.

Maumere

Singgah ke Maumere dan main ke Desa Tenun Sikka. Lihat dari dekat para ibu-ibu pengrajin membuat kain tenun cantik khas Flores. Maumere juga punya pantai cantik. Gunung juga punya. Lengkap deh.

Larantuka, kota di ujung timur Flores yang punya kontur unik. Kotanya di pinggir laut tapi letaknya di kaki gunung.

Larantuka ada di ujung timur Flores. Kontur kota Larantuka unik karena terletak di pinggir pantai, tapi di kaki gunung. Menyeberang sekitar 15 menit ke Pulau Adonara untuk melihat landscape Kota Larantuka yang unik secara keseluruhan.

Main ke Lamalera dan ikut tradisi berburu hiu paus. Pastikan datang di bulan Mei – Oktober ya.

Yang unik dari Lamalera adalah tradisi menangkap hiu paus. Tradisi ini cuma berlangsung dari bulan Mei – Oktober. Kalau pun sedang nggak beruntung, kamu bisa lihat tulang paus berukuran super besar di Lamalera, bukti kalau di Lamalera emang ada tradisi berburu hiu paus.

Road trip di Flores bener-bener memanjakan mata. Dari ujung barat sampe timur cantik semua dan pasti bikin menganga. Road trip di Flores nggak melulu harus pakai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil lho.

Kamu juga bisa naik travel dari satu destinasi ke destinasi lain. Kalau mau super ngirit boleh juga cobain hitchike, nebeng truk yang searah. Tapi, ya waktunya lebih lama ya.

 

Artikel Terkait