Pojok Istana

Pesan Presiden Jokowi Di Hari Pahlawan

Oleh : Ronald - Minggu, 10/11/2019 14:31 WIB

Presiden Jokowi memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN), Kalibata, Jakarta, Minggu, (10/11/2019). (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak para penerus bangsa untuk terus mengisi kemerdekaan dengan perjuangan, terutama dalam memberantas kemiskinan.

“Kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan,” ujarnya usai memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN), Kalibata, Jakarta, Minggu, (10/11/2019).

Jokowi mengungkapkan bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan. Dirinya menilai, para pahlawan telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan, karena itu, adalah kewajiban para penerus untuk terus mengisi kemerdekaan.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ini, Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara ziarah nasional. Sedangkan Menteri Agama Fahcrul Razi, membacakan doa di akhir upacara tersebut.

Turut hadir dalam upacara itu Wakil Presiden Ma`ruf Amin, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, dan sejumlah pimpinan lembaga negara.

Saat upacara berlangsung, Jokowi sempat meletakkan karangan bunga di tugu TMPN Utama. Sedangkan usai upacara, dia bersama menteri dan pimpinan lembaga melakukan tabur bunga di sejumlah makam pahlawan.

Upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2019. Sebelumnya, pemerintah menggelar upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh. (rnl)



Artikel Terkait