Nasional

SETARA Institute Sebut MUI Pelanggar Kebebasan Beragama Terbanyak ke-3 Non-Negara

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 11/11/2019 21:30 WIB

Foto Ilustrasi Keberagaman Beragama di Indonesia

Jakarta, INDONEWS.ID - SETARA Institut kembali merilis hasil survey yang dilakukan selama 12 tahun terakhir khususnya untuk peristiwa Kondisi Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (KKB) di berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan kategori pelaku atau aktor, pelanggar terbanyak adalah Kelompok Warga, disusul Ormas Keagamaan. Dari rilisnya, SETARA Institute menyebutkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menempati posisi ke-3 terbanyak dan masuk dalam 10 besar.

Berikut adalah daftar aktor non-negara pelanggar KKB yang menempati posisi 10 besar dalam 12 tahun terakhir seperti yang diterima Indonews.id pada Senin (11/11/19).

Aktor non-negara yang menempati posisi paling atas atau nomor satu dengan jumlah terbanyak adalah Kelompok Warga sebanyak 600 tindakan KKB. Kemudian disusul Ormas Keagamaan sebanyak 249 tindakan.

Sementara Majelis Ulama Indonesia menempati posisi ketiga pelanggagar KKB terbanyak yakni 242 tindakan. Disusul berikutnya adalah Front Pembela Islam (FPI) sebanyak 181 tindakan.

"Sementara Individu 92 tindakan, Forum Umat Islam (FUI) 56, Tokoh Agama/Masyarakat 35, Ormas 33, Gerakan, Reformasi Islam (GARIS) 26 dan Perusahaan sebanyak 26 tindakan," tulis survey itu.

Artikel Terkait