Nasional

Kemendagri Luncurkan ADM, Percepat Cetak KTP Elektronik Masyarakat

Oleh : Mancik - Sabtu, 16/11/2019 20:15 WIB

Ilustrasi KTP Elektronik.(Foto:Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri) resmi meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), dengan tujuan mencetak dokumen kependudukan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan adanya ADM ini,masyarakat lebih cepat mengurus dokumen kependudukan seperti KTP elektronik.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, ADM ini merupakan mesin yang dapat mencetak berbagai macam dokumen kependudukan. Dokumen tersebut antara lain elektronik (KTP-el), kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA) dan berbagai dokumen lainnya.

"Inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama tanpa diskriminasi. Melalui ADM, kita bisa mencetak sendiri KTP-el, KIA, akta lahir, kartu keluarga, akta mati," kata Zudan dalam keterangan tertulisnya kepada media di Jakarta, Sabtu,(16/11/2019)

Zudan menjelaskan, sistem ADM memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat karena dilengkapi dengan perangkat untuk melindungi data-data pemiliknya. Adapun target penggunaanya yakni pada tahun untuk semua daerah di Indonesia.

"Sejauh ini daerah sudah banyak yang mau beli. Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pasti butuh," jelasnya.

Kementerian Dalam Negeri telah melakukan uji coba terhadap penggunaan sistem ini.Proses pencetakan e-KTP juga lebih cepat dari waktu yang digunakan untuk mencetak selama ini.*

 

 

Artikel Terkait