Nasional

Mendagri : Setiap Kepala Daerah Harus Berasaskan Ideologi Pancasila

Oleh : luska - Selasa, 26/11/2019 16:01 WIB

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta pembuatan setiap regulasi oleh kepala daerah harus berasaskan ideologi Pancasila, begitu juga disetiap kegiatan seperti apel, acara formal, dan kegiatan lainnya daerah terus menggaungkan ideologi Pancasila serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Ideologi hanya bisa dikalahkan dengan ideologi, ideologi mana yang bisa kita ambil untuk mengalahkan ideologi yang mungkin bisa membahayakan negara ini, ya Pancasila," kata Tito Karnavian kepada para gubernur dalam kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Dikatakan Tito lagi, di era demokratisasi ini ketahanan ideologi menjadi tantangan, hal tersebut dikarenakan begitu terbuka ruang kebebasan berserikat dan berkumpul dan menyampaikan pendapat.

"Ini juga memberi ruang masuk kepada ideologi-ideologi yang mungkin tidak cocok dengan keadaan masyarakat kita yang plural," kata dia.

Oleh karena, potensi tersebut perlu diredam, serta dinetralisir karena hal itu bisa mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat yang plural. (Lka)

 

Artikel Terkait