Nasional

Dihadapan Megawati, Mensos Tegaskan Kepada Jajarannya Bumikan Pancasila

Oleh : Ronald - Senin, 09/12/2019 21:59 WIB

Menteri Sosial Juliar P Batubara. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar workshop bertajuk ‘Internalisasi dan Pembumian Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan’ untuk PNS di lingkungan Kemensos. Acara itu digelar di Gedung Konvensi, TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Dalam momentum tersebut, Menteri Sosial Juliar P Batubara meminta seluruh jajarannya menjadikan Pancasila sebagai landasan membuat kebijakan dan program kerja. Seluruh aturan Kementerian Sosial harus senada dengan ideologi Pancasila.
 
"Setiap produk yang keluar dari Kemensos program kerja maupun kebijakan peraturan harus sudah benar-benar senafas dan senada dengan ideologi kita yaitu Pancasila," kata Juliari.

Juliari menegaskan, seluruh pegawai Kementerian Sosial harus membumikan Pancasila dalam lingkungan kerja. Juliari menambahkan hal itu senada dengan perintah Presiden Joko Widodo.

"Jadi tidak boleh ada satu program kerja, satu kebijakan di lingkungan Kemensos yang perilakuknya tidak mencerminkan nilai Pancasila yang menjadi konsensus nasional Republik Indonesia," tandasnya.
 
Sementara itu, Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri juga menyampaikan hal serupa. Megawati meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) menjadikan Pancasila sebagai ideologi utama dalam kehidupan.
 
Megawati menentang pihak-pihak yang menganut paham radikal. Apalagi memiliki niat menegakkan paham khilafah di Indonesia.
 
"Pak Menteri kalau ada pegawai dari Kementerian Sosial yang tidak sejalan dengan Pancasila atau terbukti radikal, pecat saja langsung," tegas Megawati. (rnl)

Artikel Terkait