Nasional

Total Aset Garuda Tauberes yang Bikin Erick Thohir Tergelitik

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 14/12/2019 09:30 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku dirinya tergelitik saat mengetahui ada cucu usaha Garuda Indonesia yang bernama PT Garuda Tauberes Indonesia. Menurut dia, cucu usaha maskapai pelat merah tersebut sangat menarik.

“Mohon maaf. Kalau buat saya sih menggelitik, ada cucu perusahaan Garuda Indonesia namanya PT Garuda Tauberes Indonesia, itu ada. Kalau enggak salah coba lihat, ha-ha-ha-ha," ujar dia saat menghandiri pelantikan Ikatan Ahli Ekonomi Islam di Kantor Pusat Direktorat Pajak, Jakarta Selatan, Jumat 13 Desember 2019.

Apa yang membuat menteri Erick tergelitik dan berapa total aset Garuda Tauberes, cucu PT Garuda Indonesia Tbk?

Dalam laporan keuangan Garuda yang diunggah di situsnya, per 30 September 2019, tercatat aset Garuda Tauberes US$ 133.939 atau sekitar Rp 1,87 miliar. Sedangkan berdasarkan laporan keuangan 30 Juni 2019, aset Garuda Tauberes tercantum US$ 141.895 atau Rp 1,98 miliar. Ada penurunan nilai aset US$ 7.956.

Berdasarkan laporan keuangan Garuda, Garuda Tauberes didirikan berdasarkan akta No. 4 tanggal 1 April 2019 dari Arry Supratno, SH, notaris di Jakarta dengan modal dasar sebesar Rp 8 miliar dan modal ditempatkan sebesar Rp 2 miliar.

Akta pendirian ini telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusannya No. AHU-0018457.AH.01.01 Tahun 2019 tanggal 8 April 2019.

Laporan keuangan Garuda juga menyebut ruang lingkup kegiatan usaha Garuda Tauberes adalah menjalankan usaha di bidang pengembangan dan pemrograman aplikasi perdagangan melalui internet (E-commerce).

Pada 11 September 2019, Garuda Tauberes meluncurkan platform e-commerce bernama Tauberes. Platform ini merupakan aplikasi berbasis digital yang menghubungkan layanan berbasis kargo udara dengan agen pengiriman barang langsung kepada masyarakat.

Saat itu, Direktur Utama Garuda Tauberes Indonesia Albert Burhan mengatakan layanan lewat Tauberes mengusung konsep smart logistic service yang berbasis kargo udara. Dengan cara ini akurasi waktu, keamanan dan tarif bisa menjadi lebih baik dan kompetitif.*(Rikardo). 

 

Artikel Terkait