Nasional

BREAKINGNEWS! Kapolda Metro Gatot Eddy Pramono Terpilih Jadi Wakapolri

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 20/12/2019 21:45 WIB

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono (Foto: Sinarharapan.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono dipilih menjadi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) menggantikan Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto, yang akan pensiun pada akhir bulan ini. 

Gatot Eddy yang sekarang menjabat Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menambah satu bintang di pundaknya menjadi Komisaris Jenderal, setelah resmi dilantik nanti.

Penunjukkan Gatot Edy menjadi Tribarata 2, sebutan untuk jabatan Wakapolri dituangkan dalam Telegram Rahasia bernomor ST/330/XII/KEP/2019 yang diteken Kapolri Jenderal Idham Azis.

Surat bertanggal Jumat, 20 Desember 2019 memberi kepastian adanya pergantian jabatan Gatot Eddy. Selanjutnya, dalam surat itu disebutkan Ari Dono akan menghabiskan karir dan masuk masa pensiun sebagai pejabat utama Polri.

Gatot Eddy lulusan Akademi Kepolisian 88 A, satu angkatan dengan Kapolri Idham Azis. Nama Gatot sempat mencuat, karena keberhasilannya mengamankan Jakarta saat pelaksanaan pemilihan presiden, hingga sidang gugatan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi.

Penanganan gelombang demontrasi, mulai pemilu presiden hingga penolakan Rancangan Undang-Udang KUHP dan pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi mewarnai tugasnya sebagai Kapolda Metro Jaya.

Sebelum menjabat Kapolda Metro Jaya dan berikutnya Wakapolri, ayah tiga anak ini pernah bertugas sebagai Wakil Polda Sulawesi Selatan (2016), Staf Ahli Ekonomi Kapolri (2017), serta kemudian menjadi Asisten Perencanaan dan Anggaran Polri pada 2018.

Artikel Terkait