Nasional

Jika Korupsi Dihilangkan, Mahfud MD: Setiap Orang Indonesia Dapat Rp20 Juta per Bulan

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 13/01/2020 11:30 WIB

Menkopulkam Mahfud MD (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan setiap orang akan mendapat uang gratis Rp 20 juta per bulan jika korupsi di berbagai bidang seperti pertambangan, kehutanan dan kelautan bisa dihilangkan.

Demikian disampaikan Mahfud Md di sela-sela menghadiri Perayaan Natal Kebangsaan Korps Brimob di Mako Brimob, Cimanggis, Depok, Jumat (10/1) malam.

"Seumpama korupsi di bidang pertambangan bisa dihapuskan, setiap kepala orang Indonesia mendapat uang gratis dari negara Rp 20 juta tiap bulan. Begitu kayanya. Belum lagi korupsi di bidang lainnya kehutanan kelautan, wah kaya sekali kita ini," kata Mahfud.

Mahfud MD kemudian menyoroti tentang penghapusan jabatan eselon II dan III oleh Presiden Jokowi. Ia mengungkap bahwa salah satu alasan Jokowi adalah faktor tingginya potensi korupsi pada jabatan tersebut.

"Kalau Anda bekerja di birokrasi pemerintahan, Anda mau sewenang-wenang, Anda mau mempersulit pelayanan kepada masyarakat, itu akan ditinggal," ujar dia.

"Mungkin Ke depan kalau mau, semua urusan bisa diselesaikan seketika pakai robot. Oleh sebab itu Pak Jokowi kan kemarin mengatakan, `korupsi itu kan terjadi dari eselon dua (dan) tiga`. Sehingga Pak Jokowi mengatakan, `udahlah eselon dua dan eselon tiga itu diganti robot`. Oleh karena itu melalui peranan Presiden, menteri menjabat per bidang masing-masing, lalu dirjen yang melaksanakan operasionalnya, (eselon) dua (dan) tiganya menghambat, ganti robot aja," ujar dia.

 

Artikel Terkait