Nasional

Reshuffle Kabinet, Dua Sosok Ini Calon Kuat Menteri ESDM & Mendikbud Baru

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 05/07/2020 10:01 WIB

Pendukung Presiden Jokowi dan Pendiri Negarawan Center Johan Silalahi (foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -Presiden Jokowi atau Jokowi melontarkan ancaman reshufffle menteri kabinet di periode kedua kepemimpinannya bersama Ma`aruf Amin saat memimpin sidang kabinet paripurna beberapa waktu lalu.

Alasan Jokowi cukup mendasar. Ia menyayangkan para pembantunya karena kurang memiliki sense of crisis. Jokowi menuntut para pembantunya bekerja extraordinary di tengah pandemi COVID-19.

Dari informasi yang didapat INDONEWS.ID, beberapa nama yang saat ini menjabat akan keluar dari KIM, sementara beberapa nama lainnya akan digeser ke posisi yang lain, lalu selebihnya tetap pada posisinya semula.

Sementara itu, terdapat pula beberapa nama-nama baru yang masuk dalam jajaran menteri Jokowi-Amin hasil reshuffle ini. Salah satunya adalah Johan Silalahi yang saat ini menjabat sebagai President Commisioner PT Milkafa Global Kapital.

Johan digadang-gadang akan menduduki jabatan sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Menteri ESDM Arifin Tafrir saat ini.

Mendikbud Nadiem Diganti

Tak hanya Johan, nama baru yang akan masuk dalam jajaran menteri kabinet Jokowi hasil reshuffle adalah seorang tokoh Muhammadiyah, Haedar Nasir. Ia diprediksi akan mengisi pos Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menggantikan Nadiem Makarim.

Nama lainnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Ia dikabarkan akan menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM serta Triawan Munaf bakal mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, Jenderal (Purn) Polisi Budi Gunawan akan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan yang semula dijabat Mahfud MD.

Adapaun beberapa nama menteri yang digeser ke pos lainnya dalam kabinet di antaranya adalah Prof Dr. Mahfud MD yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Tanggapan Pemerhati Politik

Pemerhati politik sekaligus Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra mengatakan, dari sekian banyak nama yang muncul, dia hanya mengamati tiga nama, baik itu nama baru maupun sekadar ganti posisi.

Dalam daftar yang beredar, Haedar Nasir diprediksi menggantikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Menurut Iwel Sastra, kalau dilihat dari latar belakang Haedar, memang lebih pas tokoh Muhamadiyah itu yang menduduki jabatan Mendikbud.

"Dan kalau pun Nadiem masih ingin dipertahankan di kabinet, maka harus dicarikan posisi yang pas dengan latar belakangnya sebagai pengusaha daring," ujar Iwel mengutip RMOL, Jumat (3/7).

Hal menarik lainnya, masih kata Iwel Sastra, adalah munculnya nama Johan Silalahi yang diprediksi sebagai Menteri ESDM.

Johan yang selama ini dikenal sebagai pendukung Presiden Jokowi pada prediksi susunan kabinet sebelumnya juga sempat digadang-gadang akan menjadi Menteri ESDM.

"Apakah Johan kembali sekadar masuk bursa atau memang akan duduk di kabinet Jokowi hasil perombakan," tuturnya.

Terakhir, Iwel Sastra mengatakan, namanya prediksi tentu bisa pas bisa juga meleset.

"Tapi yang menjadi pertanyaan penting sekarang adalah apakah betul Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet atau hanya sekedar gertak belaka karena sedang jengkel," tutupnya. *(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait