Nasional

Menag Fachrul Razi Kecam Intoleransi di Solo

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 12/08/2020 09:30 WIB

Menteri Agama RI Fachrul Razi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengecam kasus kekerasan dan intoleransi di Mertodranan, Pasarkliwon, Solo, Sabtu (8/8) lalu. Menurut Fachrul Razi, bentuk kekerasan dan intolerasni seperti itu tidak bisa dibenarkan atas alasan apapun.

"Saya mengecam intoleransi yang terjadi di Solo. Saya minta jajaran Kanwil Kemenag Jawa Tengah untuk lebih mengintensifkan dialog dengan melibatkan tokoh agama dan aparat sehingga tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama tidak terjadi," kata Menag Fachrul Razi di Jakarta, Selasa (11/8).

Dia mengatakan, dalam situasi apapun harus dapat menunjukkan bahwa Islam adalah agama rahamatan lil`alamiin, penebar perdamaian, di manapun dan kapanpun. Pesan yang sama disampaikan Menag Fachrul Razi kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag Provinsi di seluruh Indonesia.

Dia meminta, dialog antar tokoh agama dan berbagai lapisan masyarakat, termasuk aparat, harus terus diintensifkan agar terbangun kesadaran bersama untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama. Apalagi, Kementerian Agama tengah menggencarkan pengarusutamaan moderasi beragama.

"Pusat Kerukunan Umat Beragama dan FKUB di Kabupaten/Kota agar dapat mengambil inisiatif untuk memfasilitasi proses dialog antar pihak dalam menyikapi setiap dinamika kehidupan dan kerukunan, sehingga tidak terjadi anarkisme," ujar dia.

Menag Fachrul Razi berharap aparatur dapat menyelesaikan persoalan ini sesuai dengan koridor hukum. Para pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai undang-undang yang berlaku.*

Artikel Terkait