Nasional

Sholat Idul Adha, Ratusan Warga Jl Batu 1 Padati Masjid Al Asr Rumah Saya

Oleh : luska - Jum'at, 01/09/2017 07:44 WIB

Ribuan jamaah padati Masjid Al Asy Rumah Saya untuk Sholat Idul Adha.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Masjid Al ASR, Rumah Saya, Jl Batu 1, Jakarta dipadati ribuan warga gang Arab untuk melakukan sholat Idul Adha 1438 Hijriah.

Secara bergelombang sejak pukul 6.00 WIB, warga mulai berdatangan, ribuan warga terus memadati pelataran masjid, halaman serta pendopo rumah joglo. 

Sholat Idul Adha yang dimulai pukul 6.30 WIB  ini diimani oleh Ust H Sulaiman Ali. sedangkan tausiyah di isi oleh H Ikhwan A Basri.

Dalam khotbahnya, Ust Sulaiman Ali memaparkan makna dan filosofi Idul Adha. Ust Sulaiman menjelaskan rangkaian ibadah Idul Adha ini diniatkan dengan hati tulus dan ikhlas, sehingga nantinya umat islam akan mendapat ridho dari Allah SWT.

Idul Adha yang dimaknai dengan kembali berkurban. Diceritakan oleh Ust Sulaiman, hari berkurban ini diawali dari kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas mengurbankan anak semata wayangnya yaitu Nabi Ismail. Karena keikhlasannya dan ketulusannya atas menjalankan perintah Allah SWT, akhirnya anak yang didapatinya diusia 70 tahun ini, digantikan oleh Allah SWT dengan seekor domba.

Dimasa Nabi Ibrahim adalah jaman jahililiyah dimana umatnya saat itu memilih menhyembang berhala yang dijadikan Tuhan. Nabi Ibrahim bersama Nabi Ismail terus melakukan dakwah dan syiar ajaran Allah SWT dengan memberangus seluruh berhala. Dan Nambipun membangun Kabah untuk dijadikan titik melakukan sholat.

Ust Sulaiman kembali mengingatkan, bahwa umat islam saat ini diharapakn mencontoh keteladanan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang memiliki sifat sabar, ikhlas, dan tulus.

Usai melakukan sholat Idul Adha warga jalan Batu 1 disajikan sarapan berupa bubur ayam, air minreal dan kudapatan lainnya. (Lka)

Artikel Terkait