Potong Hewan Kurban Sendiri, Bupati Aswari Ingin Rasakan Keagungan Tuhan

Oleh : very - Sabtu, 02/09/2017 21:31 WIB

Bupati Lahat Aswari Rivai memotong sendiri hewan kurban untuk perayaan Idul Adha, Sabtu (2/9/2017). (Foto: Okezone.com)

Lahat, INDONEWS.ID - Bupati Kabupaten Lahat Saifudin Aswari Rivai tak melewatkan begitu saja perayaan Idul Adha tahun 2017. Sebagai rasa syukur sekaligus tanda pengorbanan, Kak Wari – panggilan Aswari – mempersembahkan kurban sapi pada perayaan tersebut.

Uniknya, Aswari memilih menyembeli sendiri sapi kurban tersebut. Kak Wari memotong sendiri hewan kurbannya di Markas Kodamando Militer (Makodim) Lahat, Sabtu (2/9/2017).

Tahun ini Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan Periode 2018-2023 tersebut mengurbankan sebanyak 35 Ekor Sapi. Sapi-sapi tersebut disebar ke seluruh pelosok Kabupaten Lahat.

Menurut Aswari, sapi yang dikurbankan tersebut memiliki bobot antara 120 kg hingga 150 kg. Aswari sengaja memotong hewan kurbannya sendiri sebagai ungkapan rasa syukurnya.

"Kak Wari bersyukur bisa berkurban dan Kak Wari sengaja memotong sendiri hewan kurban tersebut agar dapat merasakan agungnya kuasa Tuhan," ucap Aswari seperti dikutip Okezone.

"Agungnya kuasa Tuhan menggantikan hewan untuk kita berkurban. Terbayang oleh kita saat menyembelih hewan kurban tersebut seandainya kurban itu adalah manusia atau orang yang sangat kita sayangi. Saat kita melaksanakan pemotongan kurban sendiri kita bisa secara batin berterima kasih kepada hewan kurban itu karena telah dikurbankan di jalan Tuhan," kata Kak Wari.

Aswari mengatakan, setiap tahun mengurbankan sapi, yang disembelihnya sendiri. Sapi tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Lahat.

"Banyak hal yang Kak Wari rasakan saat langsung memotong kurban tersebut. Hampir setiap kurban Kak Wari lakukan sendiri. Ada 35 kurban yang kita bagikan keseluruh masjid dan pesantren, bobot 120kg sampai terbesar 180 kg," ujar Ayah empat putri ini. (Very)

Artikel Terkait