Sosial Budaya

Trans-Forms 3 Perjalanan Karya Seni Agus Kama Loedin

Oleh : hendro - Rabu, 06/09/2017 22:11 WIB

Seniman asal Surabaya Agus Kama Loedin (hdr)

Jakarta, INDONEWS.ID - Setelah lama tidak terdengar, seniman Agus Kama Loedin kembali menyapa kembali pecinta seni Indonesia lewat karya-karya terbaru yang ditampilkan di pameran “TRANS-FORMS #3 yang digelar di ARHOTEL Thamrin Jakarta dari tanggal 6 September hingga 6 November 2017.

Seniman yang dikenal lewat eksplorasi medium kawat ini,  akan memamerkan seni tunggal dalam bentuk dan konsep seni yang dipersentasikan dalam seni Sclupture.

Menurut Agus, tema “Trans-Forms#3” ini diambil dari perjalan  dirinya dalam berkarya. Ini adalah kali ketiga pameran tunggal Agus diselenggarakan, setelah sukses sebelumnya yang diselenggarakan di Jogya dan Filipina.

Agus mengaku, dalam membuat karyanya, dirinya terinspirasi dari perubahan alam didalamnya dan bentuk-bentuk tak lazim yang ada. Karena dirinya harus menaklukan logam keras kawat sesuai dengan insipirasinya.

Untuk menyelesaikan karyanya, kata Agus, dirinya harus menjlanai proses ketekunan yang mendalam seperti bagaimana mengulur, menekuk, mengikat dan menganyam bahan dasar kawat menjadi sebuah bentuk karya. “Jadi untuk menyelesaikan satu karya seni tergantung tingkat kompleksitasnya. Bisa 2 bulan, 3 bulan bahkan ada yang bisa saya selesaikan 9 hari. Semuanya tergantung kompleksitasnya,” kata Agus kepada INDONEWS, Rabu (6/7/2017)malam.

Lebih jauh Agus menjelaskan, dengan di gelarnya karya seni dirinya melalui “Trans-Forms#3”, Agus berharap, dapat menjadi sebuah wadah berkumpul dalamm mengeksplorasi seni yang tidak terbatas pada lukisan saja, namun seni yang bisa dilihat dalam material logam seperti kawat dan bahan-bahan bekas yang digunakan dirinya selamai ini.(hdr)

 

Artikel Terkait