Nasional

Dukung Ekonomi Kerakyatan, Gubernur DKI Resmikan Jakgrosir

Oleh : luska - Jum'at, 08/09/2017 20:11 WIB

Gubernur DKI Jakarta resmikan Jakgrosir.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk mewujudkan ekonomi yang berpihak kepada rakyat kecil, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan Jakgrosir di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Peresmian Jakgrosir oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat merupakan untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berpihak pada pedagang mikro, kecil, dan menengah.

“Kami ingin mewujudkan roda ekonomi di tangan rakyat, maka harus ada tindakan konkret, salah satunya dengan Jakgrosir ini,” ujar Djarot saat meresmikan Jakgrosir, Jumat (8/9/17).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menyampaikan, dengan adanya Jakgrosir ini, pedagang di bawah naungan PD Pasar Jaya dapat membeli barang dengan harga murah.

“Komoditas yang dijual di Jakgrosir harganya lebih murah dan bersaing sehingga diharapkan memudahkan pedagang dalam mendapatkan barang,” kata Arief.

Arief menjelaskan dalam tahap awal ada sebanyak 2.114 item barang yang akan dijual di Jakgrosir dan akan terus bertambah.

Pedagang yang ingin berbelanja komoditi harus memiliki kartu pedagang yang saat ini sudah mulai disebarkan di sejumlah pasar,seperti di Pasar Induk Kramat Jati, UPB Kramat Jati, Pasar Pramuka dan UPB Jatinegara.

" Penyebaran karti ini baru tahap pertama, dan akan terus berlanjut keseluruh pasar se DKI,” imbuh Arief.

Selain pedagang yang berada di naungan pasar ada 3 kategori lainnya yang bisa berbelanja ke Jakgrosir antara lain Pegawai Pemda DKI, Karyawan Pasar Jaya dan masyarakat yang memiliki Kartu Jakarta Pintar. Mereka dapat membeli barang secara kartonan dan dapat juga membeli secara satuan barang di rak khusus barang satuan.

Pola Perkulakan atau Jakgrosir merupakan salah satu langkah PD. Pasar Jaya untuk menekan inflasi daerah. Kedepannya direncanakan Jakgrosir harus ada di setiap wilayah kota termasuk Kabupaten Pulau Seribu. Sehingga harga jual barang di DKI Jakarta bisa terkontrol.

Jakgrosir sendiri dibangun di lahan seluas kurang lebih 3.800 meter persegi. Untuk jam operasinya akan dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-22.00 WIB.(Lka)

Artikel Terkait