Bisnis

Tingkatkan Pengawasan Penerimaan Anggaran Negara, Kemekue Gelar Rakernas Bersama Kemendagri

Oleh : hendro - Selasa, 12/09/2017 12:13 WIB

Ilustrasi Kantor Kementerian Keuangan RI (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID- Untuk meningkatkan pengawasan penerimaan negara oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Kementerian dan Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah 2017, Kementerian Keuangan bersama Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat kerja nasional (rakernas).

Menurut Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Sumiyati, rakernas ini bertujuan untuk mendorong peran dan sinergi APIP guna mengoptimalisasi penerimaan negara di Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

"Acara ini kami selenggarakan dengan mengundang seluruh APIP lembaga untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan APIP untuk mengawasi penerimaan negara. Dan kami ingin membantu bagaimana optimalisasi penerimaan negara ini kita kawal bersama. Dan mungkin ada beberapa hal yang bisa di kerja samakan," kata Sumiyati di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Sumiyati menambahkan, fokus APIP adalah meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), mengawal percepatan kemudahan pemerintah dalam memungut pajak, dan mengawasi belanja pemerintah.

Selain itu, kata Sumiyati,  program prioritas pemerintah yang memasuki triwulan IV pasti pengeluaran negara besar, ini bisa digunakan sebagai wadah sinergi agar pendapatan yang menjadi hak negara bisa kita dorong untuk direalisasikan bersama.(hdr)

 

Artikel Terkait