Mantan Menperin Saleh Husin Mendapat Bintang Jasa dari Kerajaan Belgia

Oleh : hendro - Kamis, 14/09/2017 08:21 WIB

Mantan Menteri Perindustrian RI Saleh Husin dianugerahi bintang jasa utama Commander in the Order of Leopold of Belgium dari Kerjaan Belgia.(ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Berkat jasanya luar biasa terhadap Kerajaan Belgia, mantan Menteri Perindustrian RI Saleh Husin dianugerahi bintang jasa utama Commander in the Order of Leopold of Belgium dari  Kerjaan  Belgia.

Pada kesempatan yang sama, penghargaan serupa juga diberikan kepada mantan Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa Arif Havas Oegroseno, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani, dan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W Kamdani. Prosesi penyerahan penghargaan digelar di kediaman Duta Besar Kerajaan Belgia untuk Indonesia, Patrick Herman di Jakarta pada Rabu (13/9/2017) kemarin.

Bintang jasa Commander in the Order of Leopold of Belgium merupakan penghargaan nasional Belgia tertinggi kepada individu yang dinilai berjasa bagi Belgia. Khusus terkait nama penghargaan, hal itu untuk mengenang raja pertama Belgia yaitu Raja Leopold I. 

Pemberian bintang jasa tersebut diperuntukkan bagi warga negara Belgia yang berjasa penting dan dianugerahkan pula untuk warga negara asing yang dinilai memiliki jasa bagi Belgia. Sebelumnya, penghargaan yang sama - Commander in the Order of Leopold of Belgium- juga telah diberikan pemerintah Belgia kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada 2009.

Dalam kesempatan itu, Saleh Husin menyampaikan ucapan terima kasih dan mengaku sangat terhormat atas penganugerahan ini. Dia juga berkomitmen untuk tetap turut menggalang hubungan kerja sama Indonesia dengan Belgia.      

"Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah Belgia dan Duta Besar Belgia untuk Indonesia Yang Mulia Patrick Herman. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya pribadi dan keluarga. Saya juga akan terus berkontribusi bagi peningkatan kerja sama ekonomi, hubungan bilateral dan mempererat interaksi komunitas bisnis kedua negara," ujar dia yang kini menjabat sebagai Managing Director Sinar Mas group.

Untuk diketahui, Hubungan RI-Belgia selama ini cukup erat dan telah berlangsung sejak lama. Di tahun 1949, Belgia menjadi salah satu dari negara-negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.  Hingga kini, kerja sama kedua negara terus berkembang yang ditandai dengan kunjungan tingkat tinggi di antara kedua belah pihak. Pada Maret 2016, Putri Astrid, saudara perempuan dari Raja Philippe, memimpin misi ekonomi Belgia ke Indonesia. Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengunjungi Belgia pada bulan April 2016 dan bertemu dengan Raja Belgia. (hdr)

 

 

Artikel Terkait