Pojok Istana

Ajakan Nobar Film G30S/PKI, Presiden: Akan Lebih Baik Kalau Ada Versi Terbaru

Oleh : very - Senin, 18/09/2017 17:19 WIB

Presiden Jokowi menjawab wartawan usai meresmikan Jembatan Gantung Mangunsuko, di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9) siang. (Foto: Setkab.go.id)

Magelang, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan soal ajakan nonton bareng (nobar) pemutaran film Gerakan 30 September yang dilakukan oleh berbagai kalangan di masyarakat. Presiden menekankan, bahwa menonton film apalagi berkaitan dengan sejarah sangat penting.

Namun, Presiden mengatakan, agar anak-anak milenial saat ini mengerti dan memahami arti bahaya komunisme, perlu dibuatkan film yang sesuai dengan generasi mereka.

“Akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan Jembatan Gantung Mangunsuko, di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9) siang.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengomentari kerusuhan yang terjadi di depan gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Jakarta, terkait kecurigaan massa tertentu tentang adanya diskusi tentang PKI di gedung tersebut, Minggu (17/9) malam. Presiden meminta agar hal-hal seperti itu diserahkan ke aparat.

“Masyarakat jangan bertindak main hakim sendiri, serahkan ke aparat. Sampaikan saja ke aparat nanti yang menyelesaikan aparat. Kita ini negara hukum,” tegas Presiden Jokowi seperti dikutip Setkab.go.id.

Presiden Jokowi menampik tudingan bahwa dirinya menutup mata terhadap bahaya laten komunisme. Menurut Presiden, bahaya komunisme harus terus diingatkan kepada seluruh masyarakat.  “Kalau dipandang masih ada ruang untuk berkembangnya komunisme ya memang harus diingatkan terus masyarakat,” tegasnya.

Namun, Presiden menegaskan bahwa komunisme sudah dilarang di Indonesia seperti sudah ditegaskan melalui TAP MPRS.  “Jelas sekali. Jadi kalau ada ya tunjukkan di mana, hukum,” pungkas Presiden. (Very)

 

Artikel Terkait