Bisnis

Dua Jenderal (Purn) Jadi Komisaris PT Semen Indonesia

Oleh : very - Rabu, 20/09/2017 16:09 WIB

Sutiyoso, Komisaris Utama PT Semen Indonesia. (Foto: Elshinta.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) menunjuk Hendi Priyo Santoso sebagai Direktur Utama perusahaan plat merah tersebut. Hendi menggantikan posisi Rizkan Chandra yang meninggal dunia pada Juli 2017 lalu.

Mantan Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) yang berakhir pada Mei 2017 ini ditugaskan menjadi nakoda SMGR untuk masa jabatan hingga 2022.

Selain mengangkat Hendi, pemegang saham SMGR juga menyepakati mengangkat Benny Wendy, Fajar Yudi Setiawan, Doddy Sulasmono dan Tri Abdi Satriyo sebagai Direktur perseroan.

Sedangkan susunan komisaris tidak berubah. Sutiyoso tetap didapuk sebagai Komisaris Utama, sedangkan komisaris independen yaitu Wahyu Hidayat, Djamari Chaniago dan Nasaruddin Umar. Sementara komisaris yaitu Hambra, Sony Subrata, dan Astera Primanto Bhakti.

Yang menarik, dalam komposisi komisaris ini bertengger dua jenderal (purnawirawan) yaitu Sutiyoso dan Djamari Chaniago.

Sutiyoso merupakan mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) yang juga mantan Gubernur DKI dan Pangdam Jaya. Sutiyoso sebelumnya menggantikan posisi Mahendra Siregar yang sudah habis masa jabatannya. Pergantian itu dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan yang digelar kemarin, Jumat (31/3/2017).

Sedangkan Letjen TNI (Purn) Djamari Chaniago adalah seorang tokoh militer Indonesia. Djamari lahir di Padang, Sumatera Barat pada 8 April 1949. Pangkat terakhir militer aktifnya adalah Letnan Jenderal TNI dan jabatan terakhir militer yang dijabatnya adalah Kepala Staf Umum TNI. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1971 dan berasal dari kesatuan Infanteri-Baret Hijau Kostrad.

Adapun susunan Direksi dan Komisaris perseroan saat ini yaitu:

Susunan Direksi
Direktur Utama : Hendy Priyo Santoso
Direktur Pemasaran dan Suply Chain : Ahyanizzaman
Direktur Produksi : Benny Wendry
Direktur Keuangan : Fajar Yudi Setiawan
Direktur strat bisnis &Pengembangan Usaha : Doddy Sulasmono
Direktur SDM &Hukum : Agung Yunanto
Direktur Enjinering & Proyek : Tri Abdi Satriyo

Susunan Komisaris
Komisaris Utama : Sutiyoso
Komisaris Independen : Wahyu Hidayat
Komisaris Independen : Djamari Chaniago
Komisaris Independen : Nasaruddin Umar
Komisaris : Hambra
Komisaris : Sony Subrata
Komisaris : Astera Primanto Bhakti

(Very) 

 

Artikel Terkait