Nasional

Menyusul Golkar, Partai NasDem Resmi Dukung Khofifah di Pilkada Jatim

Oleh : very - Rabu, 27/09/2017 12:31 WIB

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate. (Foto: Ant)

Jakarta, INDONEWS.ID - Partai NasDem menyatakan mendukung Khofifah Indar Parawansa jika Menteri Sosial itu memutuskan untuk maju di pemilihan gubernur Jawa Timur pada 2018 mendatang.

Kepastian itu dinyatakan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate, di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2017).

"Pasti mengusung dia (Khofifah). Komunikasi politik sudah dan sedang berlangsung," kata Johnny.

Seperti diberitakan, sejauh ini beberapa partai sudah menyatakan mendukung Khofifah, yaitu Partai Golkar, PPP, dan Hanura. "Mudah-mudahan Partai Demokrat menunjukkan perhatian kepada Khofifah," kata Johnny.

Johnny mengatakan surat rekomendasi hanya bersifat administratif saja. Namun, yang terpenting, Khofifah bersedia maju dan mendapat respon pendukungnya dan persetujuan Presiden Jokowi.

"Khofifah merespon baik. Saat ini kami harus menunggu Presiden untuk melepas atau menggganti Bu Khofifah. Dia kan anggota kabinet, secara formal itu perlu ada. Kita tunggu," katanya.

Jika saja maju, Khofifah akan bertarung melawan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB ingin berkoalisi dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Gus Ipul.

"Semoga pada waktu yang tepat, akhir bulan ini terjadi kesepakatan yang tuntas," kata Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) belum lama.

Cak Imin belum bisa memastikan calon pendamping Gus Ipul. "Harus berdasarkan kesepakatan, terutama PDIP. Kita beri kesempatan (PDIP) mengusung wakilnya," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham mengatakan partainya mendukung Khofifah maju di Pilkada Jawa Timur. Bahkan, dia sudah jauh-jauh hari menyebutkan bahwa partai NasDem dan Hanura juga ikut mendukung Khofifah.

"Kemarin kita sudah finalisasi. Insya Allah kita dukung Khofifah," kata Idrus usai menjenguk Novanto di RS Siloam, Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu (16/9/2017). 

Idrus mengatakan dirinya telah bertemu Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) yang menyatakan akan mendukung Khofifah.

"Dari partai Golkar itu tinggal nanti beberapa partai, saya kira dari NasDem, Hanura juga akan dukung karena kebetulan saya dengan Pak Oso sama-sama, di Kalsel kebetulan juga Pak Oso nanya gimana Golkar Jatim, saya katakan insya Allah Khofifah," ujar Idrus.

Idrus mengatakan, Ketum Partai Hanura itulah yang akan menyusun jadwal deklarasi bersama ketiga partai tersebut untuk mendukung Khofifah.

"Pak Oso nanti akan memprakarsai untuk pertemuan dan deklarasi bersama pada momentum yang tepat," ungkapnya. (Very)

Artikel Terkait